Breaking News:

Tanggapan Apindo DIY Terkait Penolakan Penangguhan UMK 2021 Terhadap 10 Perusahaan

Asosiasi pengusaha Indonesia (Apindo) DIY menilai adanya penolakan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kepada

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
Kompas.com | Totok Wijayanto
Ilustrasi upah buruh 

Laporan Reporter Tribun  Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Asosiasi pengusaha Indonesia (Apindo) DIY menilai adanya penolakan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kepada 10 perusahaan terkait penangguhan UMK 2021 seharusnya tidak terjadi.

Wakil ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DIY, Merlin Yusup menuturkan, pihaknya akan menelusuri 10 perusahaan yang ditolak penangguhannya oleh Pemda DIY karena mengajukan permohonan melewati batas waktu yang ditentukan.

Baca juga: Tak Asal Suntik Vaksin Covid-19, Epidemiolog UGM Jelaskan Tahapan dan Prosedur Penting Ini

Baca juga: Kisah Bripka Tri Asih, Bhabinkamtibmas Perempuan di Bantul yang Sukses Budidayakan Nanas Bagong

"Sampai saat ini, kami belum mendapatkan laporan perusahaan yang mengajukan penangguhan UMK 2021. Lagi pula, tidak ada koordinasi antara Disnakertrans DIY dengan perusahaan terkait deadline waktu permohonan penangguhan," jelasnya saat dihubungi Tribun Jogja, pada Selasa (05/01/2021).

Ia menambahkan, seharusnya Pemda DIY lebih bijak dalam memberikan solusi agar perusahaan bisa tetap berjalan.

Karena, dengan cara menolak atau tidak dikabulkannya permohonan penangguhan upah minimum malah akan menimbulkan masalah baru.

"Jadi, jangan hanya karena melewati batas waktu pengajuan langsung ditolak. Seharusnya, dicari tahu dulu duduk permasalahannya seperti apa. Lagipula, penyelesaiannya kan harus dilakukan secara tripartit yang melibatkan pemerintah, perusahaan, dan pekerja. Supaya, tidak menimbulkan rasa tidak enak ke depannya," ujarnya.

Baca juga: SINOPSIS Sinetron Ikatan Cinta 5 Januari: Nino Curiga, Ada Hubungan Apa antara Al dengan Roy?

Baca juga: Klasemen Liga Inggris Pekan 17 - Jadwal MU Selanjutnya, Peluang Setan Merah Geser Posisi Liverpool

Ia pun menambahkan, untuk mengantisipasi adanya penolakan lagi terkait penangguhan upah, Apindo DIY akan sangat terbuka bagi perusahaan baik anggota maupun non-anggota untuk berkonsultasi.

Terutama, terkait kesulitan dalam mengajukan permohonan UMK 2021.

"Kami tahu kondisi dunia usaha sekarang masih belum stabil. Bahkan, banyak dari kami (pengusaha) sedang tertatih agar bisa bangkit. Maka dari itu, dukungan yang datang dari pemerintah sangat diperlukan. Karena, perusahaan tidak hanya berbicara terkait pemenuhan upah saja. Banyak hal lain, yang harus dipikirkan agar perusahaan bisa tetap survive dengan kondisi seperti ini," pungkasnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved