Kosong Sepeninggal Hanafi Rais, Kursi DPR RI PAN Dapil DI Yogyakarta Segera Terisi Tahun Depan

Kekosongan kursi DPR RI Partai Amanat Nasional (PAN) dari daerah pemilihan (Dapil) DIY, selepas pengunduran diri Hanafi Rais

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Azka Ramadhan
Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, Mumtaz Rais 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kekosongan kursi DPR RI Partai Amanat Nasional (PAN) dari daerah pemilihan (Dapil) DIY, selepas pengunduran diri Hanafi Rais dipastikan segera berakhir.

Sejauh ini, DPP PAN mengaku sudah mengantongi nama pengganti pada diri Yuni Astuti.

Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, Mumtaz Rais mengatakan, pihaknya siap memproses pergantian antar waktu (PAW) pada Januari tahun depan.

Baca juga: Pemkab Klaten Waspadai Potensi Kerumunan di Lima Wilayah Ini Saat Malam Tahun Baru 2021

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru 2021 Berisi Kutipan Kata-kata Mutiara Tokoh Dunia

Menurutnya, secepatnya PAN akan memproses, agar kekosongan dapat segera terisi.

"Segera kita proses, setelah tahun baru. Pokoknya, setelah kantor DPR sudah buka, ya langsung kita proses, Januari ini," katanya, saat dijumpai usai Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 DPW PAN DIY di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Rabu (30/12/2020).

Mumtaz menyebut, peraih suara terbanyak kedua saat pileg lalu, akan mengisi kekosongan kursi yang sebelumnya diisi saudaranya.

Melihat hasil rekapitulasi Pemilu 2019, peraih suara terbanyak kedua PAN setelah Hanafi Rais ialah Yuni Astuti dengan 7.069 suara.

"InsyaAllah yang akan menggantikan posisi mas Hanafi Rais yaitu suara terbanyak ke dua dari dapil DIY, Ibu Yuni Astuti, kira-kira begitu," tandasnya.

Baca juga: Musyawarah Wilayah DIY, PAN Tegaskan Tidak Lagi Menjadi Oposisi Kraton Ngayogyakarta

Baca juga: 10 Ide Ucapan Selamat Tahun Baru 2021 untuk Pacar Atau Gebetan, Dijamin Klepek-klepek

Senada dengan Mumtaz, Plt Ketua DPW PAN DIY Ahmad Yohan mengungkapkan, proses PAW Hanafi Rais memang ditargetkan secepatnya, atau bulan Januari tahun depan.

"InsyaAllah dalam waktu dekat, tidak lama lagi, mudah-mudahan Januari ini proses PAW sudah bisa dilaksanakan. Untuk penggantinya, Ibu Yuni (Astuti)," jelasnya.

Ia menandaskan, kekosongan kursi tersebut tidak boleh berlangsung lama, karena menyangkut tanggungjawab PAN selaku partai politik kepada masyarakat, atau konstituen yang telah menggunakan hak pilihnya.

"Setahu saya, Mas Hanafi secara tegas mengundurkan diri dari PAN dan DPR. Tidak mungkin jabatannya dibiarkan kosong, karena menyangkut pertanggungjawaban kepada konsituen yang telah memilih, mempercayakan satu kursi PAN dari DIY," katanya.

"Karena itu, kami berharap, ini segera diproses PAW-nya supaya ada wakil rakyat dari DIY," imbuh Yohan. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved