Breaking News:

Prediksi Cuaca BMKG : Musim Hujan 2021 Akan Lebih Basah, Ini Penjelasannya

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, kecenderungan musim hujan lebih basah ini akan terjadi di beberapa daerah

Dok Tribunjogja.com
Hujan Deras di wilayah Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan di tahun 2021 akan bersifat lebih basah.

Menjelang akhir tahun 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ingatkan prospek iklim, terutama musim hujan yang lebih basah di tahun 2021 mendatang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, kecenderungan musim hujan lebih basah ini akan terjadi di beberapa daerah.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer dan prakiraan curah hujan bulanan, diprakirakan kondisi musim hujan hingga Maret 2021 akan bersifat normal sampai atas normal atau cenderung lebih basah dari biasanya, atau bila dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu," kata Dwikorita.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG : Sabtu Besok, Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Berikut

Baca juga: UPDATE Gunung Merapi, Terdengar 6 Guguran Lemah hingga Keras dalam Sehari

Ditambahkan oleh Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal, bahwa ada beberapa daerah yang berpotensi mengalami curah hujan kategori tinggi sekitar 300-500 mm per bulan untuk priode enam bulan.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami musim hujan yang lebih basah di tahun 2021 mendatang, khususnya pada Januari-April 2021.

- Bagian barat Sumatera

- Sebagian besar Jawa

- Sebagian Bali

- Nusa Tenggara Timur

Halaman
1234
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved