Breaking News:

Jawa

Belasan Warga Binaan Lapas Klas II B Klaten Terima Remisi Natal 2020

Belasan warga binaan Lapas Klas II B Klaten menerima remisi atau pemotongan masa tahanan menyambut perayaan Natal 2020.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Penampakan Gedung Lapas Klas II B Klaten yang berada di Jalan Pemuda, Klaten, Kamis (24/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Belasan warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II B Klaten menerima remisi atau pemotongan masa tahanan menyambut perayaan Natal 2020.

Meski begitu, dari belasan warga binaan yang mendapat pemotongan masa tahanan itu tidak ada yang langsung bebas.

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan narapidana anak didik dan kegiatan kerja (Binadik dan Giatja) Lapad Klas II B Klaten, Roni Asmoro mengatakan jika terdapat 16 warga binaan yang mendapatkan masa remisi.

"Untuk remisi Natal ini ada dua jenis, yakni remisi khusus 1 atau remisi sebagian ini ada sebanyak 16 warga binaan, kemudian untun remisi khusus 2 atau yang bebas langsung tidak ada," ujarnya saat ditemui di Lapas Klas II B Klaten, Kamis (24/12/2020).

Ia menjelaskan, dari 16 warga binaan yang mendapat remisi Natal 2020 tersebut terbagi dalam berbagai potongan masa tahanan.

Baca juga: Obyek Wisata Air di Klaten Ditutup Saat Liburan Natal dan Tahun Baru 2021

"Besaran remisi yang diusulkan itu, ada yang dapat potongan 15 hari sebanyak 3 orang, 1 bulan 12 orang dan 1 bulan 15 hari sebanyak 1 orang," jelasnya.

Roni menambahkan, adapun belasan warga binaan yang mendapat remisi Natal 2020 tersebut sebagian besar merupakan warga binaan yang tersandung kasus penyalahgunaan Narkoba.

"Rata-rata kasusnya narkoba, yang kasusnya terkena hukuman di atas empat sampai lima tahun. Tapi warga binaan ini sudah dapat remisi di tahun kedua," tambahnya.

Kemudian, Roni mengatakan, untuk kunjungan keluarga kepada warga binaan selama Natal 2020 di Lapas Klas II B Klaten belum diperbolehkan untuk bertatap muka secara langsung, hal itu dilakukan guna mencegah penularan COVID-19.

"Kita ganti jadi kunjungan online agar keluarga tetap bisa bertemu dengan warga binaan meski hanya lewat sambungan telepon atau video call," tandasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved