Breaking News:

ADVERTORIAL

BBPOM di Yogyakarta Dekatkan Layanan Publik ke Masyarakat melalui MPP

BBPOM di Yogyakarta secara resmi membuka layanan publik di MPP Kulon Progo mulai Selasa (24/11/2020) dan MPP Sleman mulai Selasa (1/12/2020).

istimewa
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, saat meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kulonprogo, Kamis (3/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Balai Besar POM di Yogyakarta secara resmi membuka layanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kulon Progo mulai Selasa (24/11/2020) dan MPP Sleman mulai Selasa (1/12/2020).

MPP Kulon Progo bertempat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulon Progo yang beralamatkan di Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 1, Wates Kulon Progo, dan MPP Sleman bertempat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman alamat Beran Lor Tridadi Sleman.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, MPP adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah/Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.

Baca juga: Selama Pandemi, BBPOM Yogyakarta Temukan 227 Link E-Commerce yang Menjual Produk Ilegal

Di kedua loket MPP tersebut, BBPOM di Yogyakarta menyediakan layanan informasi dan penerimaan pengaduan produk obat dan makanan, serta menerima konsultasi prosedur memperoleh rekomendasi sarana produksi/distribusi obat dan makanan sebagai salah satu persyaratan memperoleh izin edar produk obat, makanan, kosmetik, obat tradisional dan suplemen kesehatan.

Balai Besar POM di Yogyakarta pada tahun 2019 telah memperoleh penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan saat ini sedang beupaya meraih Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Berkaitan dengan hal tersebut, melalui pembukaan loket MPP bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan Pemerintah Kabupaten Sleman ini, diharapkan BBPOM di Yogyakarta akan semakin dekat dan semakin melayani masyarakat.

“Masyarakat Kulon Progo dan Sleman tidak perlu jauh-jauh ke BBPOM di Yogyakarta untuk memperoleh informasi seputar prosedur pengajuan izin edar obat dan makanan maupun mengajukan formulir dan berkas permohonan rekomendasi sarana produksi/distribusi obat dan makanan. Masyarakat cukup dengan mendatangi loket BBPOM di Yogyakarta di MPP masing-masing kabupaten. Sampai saat ini, belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan kami di kedua MPP, diharapkan melalui publikasi ini semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan memanfaatkan layanan kami,” kata Diah Tjahjonowati, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi BBPOM di Yogyakarta.

Baca juga: Pengawasan Pangan Jelang Nataru, BBPOM Yogyakarta Temukan Pangan Tak Penuhi Ketentuan

Masyarakat dapat mengakses layanan publik BBPOM di Yogyakarta di MPP Sleman sementara ini pada hari Senin dan Rabu, serta MPP Kulon Progo pada Hari Selasa dan Kamis.

Melalui layanan ini diharapkan BBPOM di Yogyakarta dapat memberikan kemudahan, kecepatan dan keterjangkauan layanan publik terutama bagi masyarakat Sleman dan Kulon Progo, serta dapat turut berperan meningkatkan tumbuhnya UMKM di kedua kabupaten.

Untuk layanan publik setiap harinya, BBPOM di Yogyakarta membuka  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor BBPOM di Yogyakarta, Jalan Tompeyan Tegalrejo Yogyakarta, telp (0274)552250 atau layanan aplikasi WA 08112543633.

Adapun jam kerja Senin – Kamis pukul 08.00-16.30 dan hari Jumat pukul 08.00-16.00. ( Tribunjogja.com )

Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved