Breaking News:

Otomotif

Awas, Hindari Menggelar Kasur Di Mobil Saat Berkendara Jarak Jauh, Kata Pakar Begini Risikonya

Awas, Hindari Menggelar Kasur Di Mobil Saat Berkendara Jarak Jauh, Kata Pakar Begini Risikonya

Istimewa
Ilustrasi : Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD bersama Polisi menggelar acara kampanye bersama #PengendaraCerdas di titik nol kilometer. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mengubah interior mobil untuk tujuan mendapatkan kenyamanan atau mengubah fungsi agar lebih maksimal memang sah sah saja.

Namun perlu diingat, produsen mobil tentu sudah merancang sedemikian rupa agar interior mobil yang dihadirkan sesuai fungsi dan memberikan kenyamanan pada pengendara.

Salah satu yang kerap dilakukan para pemilik mobil saat bepergian jarak jauh dengan membawa anak kecil adalah mengubah kabin mobil menjadi tempat tidur lengkap dengan alas tidur, baik busa maupun kasur pompa.

Alasan terkuat yang disampaikan adalah agar si anak bisa nyaman selama perjalanan lantaran bisa tidur dan bersantai di dalam mobil.

Hanya saja, perlu diingat, modifikasi seperti ini memiliki risiko. Dikutip dari Kompas.com, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana menegaskan, ubahan kondisi kabin seperti itu sebaiknya tidak dilakukan.

Sebab, dapat membuat efek yang lebih fatal apabila kendaraan terlibat kecelakaan.  

Baca juga: Liverpool Vs Tottenham: Mourinho Butuh Satu Hal untuk Bawa Spurs Selevel The Reds

Baca juga: Terungkap, Koin Emas Yang Ditemukan Keluarga Di Inggris Kala Berkebun Adalah Peninggalan Tahun 1540

Baca juga: Awas, Kalau Warna Kencingmu Keruh, Bisa Jadi Ciri Ciri Sakit Ginjal, Begini Penjelasannya

“Bisa jadi justru perubahan kabin ini menimbulkan kecelakaan yang lebih parah, bisa malah fatal,” kata Sony 

Sony menyarankan, meski masih anak-anak, tetap wajib duduk di jok kendaraan dengan baik dan benar.

Maksud adalah duduk tenang dengan menggunakan sabuk pengaman meski berada di baris kedua.

Penggunaannya pun sudah dianjurkan oleh produsen kendaraan.

Ilustrasi : Kanit Dikyasa yang juga sebagai Kasatgas Preemtif Operasi Keselamatan Progo 2018 Satlantas Polresta Yogyakarta, Iptu Marija, bersama Pocil membentangkan Spanduk keselamatan di simpang empat Gramedia
Ilustrasi : Kanit Dikyasa yang juga sebagai Kasatgas Preemtif Operasi Keselamatan Progo 2018 Satlantas Polresta Yogyakarta, Iptu Marija, bersama Pocil membentangkan Spanduk keselamatan di simpang empat Gramedia (Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin)

“Soal lelah, pengemudi bisa mengatur perjalanan serta komunikasikan dengan seluruh anggota keluarga untuk menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

Atur waktu untuk bergantian menyetir dan beristirahat di rest area,” katanya.

Apabila kabin diubah menjadi tempat tidur berjalan, dikhawatirkan bila terjadi pengereman mendadak atau benturan, penumpang bisa terlempar karena tidak terikat dengan benar di jok baris kedua atau ketiga.

=================

Artikel ini sebagian telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Menggelar Kasur pada Kabin Mobil Saat Pergi Berlibur"

Editor: Yudha Kristiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved