Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

32.772 Formulir C6 Pilkada Klaten Diterima Kembali oleh KPU

Ribuan formulir dikembalikan karena nama yang tertera sudah meninggal dunia, pindah alamat, tidak dikenal oleh warga sekitar, tak dapat ditemui, dll.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Puluhan ribu formulir C6 dikembalikan oleh petugas ad hoc penyelenggara Pilkada Klaten 2020 ke KPU Klaten karena berbagai alasan mulai dari nama yang tertera dalam formulir tersebut tidak dapat ditemukan, hingga meninggal dunia dan pindah domisili.

Komisioner KPU Klaten, Komisioner KPU Klaten, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Wandyo Supriyatno mengatakan, total terdapat 32.772 formulir C6 yang diterima kembali oleh pihaknya.

Formulir C6 pihaknya terima kembali itu tersebar dari di 26 kecamatan yang ada di wilayah Klaten.

"Formulir C6 itu diserahkan kembali sebelum hari H pemilihan. Di bawa PPS dan rekapnya diserahkan kepada KPU," ujarnya pada Tribunjogja.com, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: UPDATE TERKINI : Real Count KPU Hasil Pilkada Klaten, Data Masuk 57 Persen

Sebagaimana diketahui, formulir C6 merupakan surat pemberitahuan atau undangan kepada pemilih jika namanya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Klaten 2020.

Formulir ini wajib dibawa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat hari pemungutan untuk menyalurkan hak pilihnya.

Wandyo merinci, dari data 32.772 formulir C6 yang kembali diterima pihaknya itu, sebanyak 2.607 formulir C6 di antaranya dikembalikan karena nama yang tertera sudah meninggal dunia.

Pindah alamat sebanyak 1.894 orang, tidak dikenal oleh warga sekitar sebanyak 500 orang, tidak dapat ditemui 23.565 dan lain-lain sebanyak 4.206.

Menurutnya, formulir C6 yang dikembalikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) itu, jika dibandingkan dengan Pilkada Klaten tahun 2015 lebih sedikit.

Baca juga: Sempat Cemaskan 2 Hal ini, KPU Klaten Akhirnya Sebut Penyelenggaraan Pilkada Klaten Berjalan Lancar

Sebab, pada Pilkada sebelumnya formulir yang sempat dikembalikan mencapai kisaran 50 ribu formulir dengan alasan yang hampir serupa, meninggal dunia, pindah domisili hingga tidak dapat ditemukan keberadaan orangnya.

"Kalau dibandingkan yang dulu lebih banyak yang dulu dari pada Pilkada tahun ini. Dulu itu sekitar 50 ribu," ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Klaten sebanyak 961.070 pemilih. 

Adapun, jumlah TPS sebanyak 2.550 tersebar di 401 desa. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved