Breaking News:

Jelang Akhir Tahun 2020, 13 Mitra Binaan PT AP 1 Terima Bantuan Pinjaman Kemitraan

Sebanyak 13 mitra binaan menerima pinjaman kemitraan dari PT Angkasa Pura I (AP 1) menjelang akhir tahun 2020.

IST
Penyerahan bantuan pinjaman kemitraan dari PT Angkasa Pura 1 kepada mitra binaanya. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak 13 mitra binaan menerima pinjaman kemitraan dari PT Angkasa Pura I (AP 1) menjelang akhir tahun 2020.

Penyaluran pinjaman dilakukan secara simbolis oleh Pts General Manager PT AP 1 Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Bambang Triyono.

Ia mengatakan, penyaluran pinjaman ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Usaha Mikro Kecil (UMK) yang dijalankan masyarakat sehingga menjadi usaha yang lebih mandiri dan tangguh serta mampu memberikan lapangan kerja yang lebih luas. 

"Dengan begini, kami berharap seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dengan adanya YIA. UMK yang telah berkembang semoga dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Selasa (8/12/2020). 

Baca juga: Pemkab Bantul Monitoring Kesiapan Pilkada, Pastikan Logistik Sudah Siap 

Baca juga: Mahasiswa UNY Ciptakan Produk Spray dari Kulit Nangka untuk Menghilangkan Bau Helm 

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, penyaluran bantuan kemitraan dapat mendorong semangat dan memberikan motivasi bagi para pengusaha dan penggerak di bidang UMK untuk tetap berupaya dan berinovasi. 

Bambang menyampaikan, adapun 13 mitra binaan tersebut berasal terdiri dari 10 mitra binaan di bidang perdagangan dan 3 mitra di bidang jasa. 

Selain itu penerima bantuan kemitraan berasal dari 4 kabupaten di DIY. 

Di antaranya Kabupaten Bantul sebanyak 1 mitra, Kabupaten Sleman 2 mitra, Kabupaten Gunungkidul 1 mitra dan Kabupaten Kulon Progo 9 mitra. 

"Penyaluran hari ini juga menjadi penyaluran tahap ketiga di tahun ini. Di mana tahap pertama pada April dan tahap kedua pada September, sehingga total penyaluran sebesar Rp 1,885 miliar dengan total 34 mitra binaan dari berbagai sektor usaha," terang Bambang. 

Sementara Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane mengatakan selain memberikan pinjaman kemitraan, pihaknya juga memberikan pelatihan manajemen usaha, pemasaran maupun pengiriman ke pameran lokal serta nasional. 

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kulon Progo : Tembus 589 Kasus, Tambahan 6 Kasus Baru Hari Ini

Baca juga: Pertamina Pastikan Stok BBM serta LPG aman Menjelang Pilkada

"Tim kami juga melakukan peninjauan, pemantauan, dan monitoring terhadap perkembangan mitra binaan. Di mana mereka juga diminta untuk membuat laporan perkembangan usaha kepada perusahaan setiap enam bulan sekali," ucapnya. 

Lebih lanjut, salah satu pengusaha Sari Bumi asal Kabupaten Kulon Progo yang merupakan mitra binaan AP 1, Widiyati menyampaikan ungkapan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh AP 1 kepada dirinya. 

Pada penyaluran pinjaman ini, ia menerima bantuan sebesar Rp 100 juta. 

"Bantuan yang kami terima ini merupakan penyaluran lanjutan. Namun demikian sampai saat ini, kami terus mengapresiasi dan berterimakasih atas kepedulian AP 1 kepada kami sehingga usaha berjalan dengan baik," ungkap Widiyati. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved