Breaking News:

Sleman

Distribusi Logistik, KPU Sleman Prioritaskan Kapanewon dengan Banyak TPS

KPU Sleman melakukan distribusi kotak suara dan distribusi Alat Pelindung Diri untuk semua Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

istimewa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mulai mendistribusikan surat suara dan APD untuk seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sleman, Minggu (06/12/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan distribusi kotak suara dan distribusi Alat Pelindung Diri untuk semua Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Ketua KPU Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi mengatakan APD yang didistribusikan antara lain hand sanitizer, masker, face shield, ember, sabun, sarung tangan sekali pakai, plastik untuk tempat sampah, dan lain-lain. 

Menurut dia, APD yang diperlukan untuk menjamin pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS sesuai dengan protokol kesehatan. 

"Hari ini KPU Kabupaten Sleman melakukan distribusi kotak suara dan APD untuk seluruh TPS. Hari ini kami melakukan pendistribusian ke beberapa Kalurahan, beberapa kapanewon," katanya, Minggu (06/12/2020).

Baca juga: Bupati Sleman Sebut Siap Gelar Pilkada 2020

Ia melanjutkan proses pendistribusian akan dilakukan dalam dua hari.

Pihaknya memprioritaskan pada kapanewon yang memiliki banyak TPS.

Selain itu, ia juga memprioritaskan lokasi yang paling jauh dari Sleman

"Kami prioritaskan ke Depok, Ngalik, Mlati, Gamping, Prambanan, dan Berbah. Proses pendistribusian dari KPU ke K86 kalurahan kami jadwalkan dua hari. Pada tanggal 8 Desember 2020 dijadwalkan dari Kalurahan ke TPS," lanjutnya.

Baca juga: KPU DIY Sebut Persiapan Perlengkapan Pilkada di DI Yogyakarta Sudah Beres

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman, M Abdul Karim Mustofa menambahkan pihaknya meminta Panwaslu kalurahan berada di Kapanewon dan Kalurahan masing-masing, untuk memastikan distribusi logistik dari KPU Sleman tepat. 

Menurut dia, ketepatan dalam pendistribusian logistik juga menjadi hal penting untuk dilakukan pengawasan.

Ada lima hal yang menjadi fokus pengawasan dalam pendistribusian logistik. 

"Panwaslu baik kecamatan maupun desa memastikan logistik tepat, baik dari sisi jumlah, jenis, tujuan, dan sasaran. Tepat tidak jumlahnya sesuai dengan kebutuhan TPS. Tepat prosedurnya, apakah sesuai dengan mekanisme yang ada. Tepat jenis, yakni kebutuhan di lapangan surat suara dan logistik lain sudah sesuai belum. Tepat tujuan, jangan sampai logistik ini tidak sesui dengan alamat yang dituju," tambahnya. (Tribunjogja.com)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved