Breaking News:

Yogyakarta

Rekomendasi Persatuan Honorer Sekolah Negeri Indonesia untuk Pengangkatan PPPK 2021

Persatuan Honorer Sekolah Negeri Indonesia memiliki beberapa catatan dan usulan terkait rencana pengangkatan guru honorer menjadi PPPK

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan pengangkatan 1 juta guru honorer menjadi aparatur sipil negara (ASN) melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK).

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY pun akan mengusulkan sekitar 6.000 formasi guru SMA/SMK/SLB di DIY kepada pemerintah pusat untuk diangkat menjadi PPPK mulai 2021 tersebut.

Jumlah tersebut belum termasuk guru jenjang PAUD, SD, dan SMP yang berada di wilayah kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

Saat ini, proses yang sedang berlangsung adalah verifikasi dan validasi data guru honorer.

Baca juga: DIY Usulkan 6000 Lebih Guru Honorer Diangkat Menjadi PPPK, Guru Wajib Aktifkan Info GTK

Disdikpora DIY pun beberapa waktu lalu telah mengirimkan surat edaran kepada setiap kepala sekolah untuk mengingatkan guru-guru honorer di sekolahnya agar segera mengaktifkan Info GTK masing-masing. 

Ketua Persatuan Honorer Sekolah Negeri Indonesia (PHSNI), Subandi pun membenarkan bahwa saat ini rekan-rekan guru honorer di sekolahnya telah mendapatkan informasi tersebut. 

"Sudah, teman-teman (guru honorer) sudah mengakses dapodik (data pokok pendidikan)," ujarnya saat dihubungi Tribunjogja.com, Jumat (4/12/2020). 

Ia pun memiliki beberapa catatan dan usulan terkait rencana pengangkatan guru honorer menjadi PPPK ini.

Pertama, kata Subandi, honorer yang sudah masuk database badan kepegawaian nasional (BKN) yang disebut sisa Kategori (K2) hendaknya diprioritaskan diterima tanpa passing grade.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved