Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kulonprogo

Menpan RB Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kulonprogo. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Sri Cahyani Putri
Menpan RB RI, Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan kepada Bupati Kulonprogo, Sutedjo, sekaligus meresmikan Mal Pelayanan Publik Kulon Progo, Kamis (3/12/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kulonprogo, Kamis (3/12/2020).

Selain meresmikan MPP, dalam kesempatan itu Menpan RB juga memberikan penghargaan kepada Bupati Kulonprogo, Sutedjo, atas komitmen dan kerjasamanya dalam mewujudkan MPP Kulonprogo. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, mengatakan dengan diresmikannya MPP ini diharapkan dapat mempercepat pelayanan perizinan yang dibutuhkan masyarakat sehingga investasi di daerah bisa cepat berkembang. 

Dengan begitu hak-hak masyarakat bisa cepat dipenuhi oleh pemerintah daerah. 

"Ini yang diinginkan pak Jokowi. Sehingga masyarakat di Kulon Progo bisa mengurus apapun. Selain itu sarana dan prasarana (sarpras) juga perlu disediakan. Misalnya taman bermain anak-anak. Sehingga anak-anak bisa bermain disaat orangtuanya sedang mengurus surat-surat di MPP ini," ungkapnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengatakan MPP merupakan salah satu kebijakan prioritas nasional dalam mewujudkan percepatan pelayanan masyarakat. 

"Dengan hadirnya MPP ini diharapkan juga dapat membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) modern yang memiliki pola pikir dan kinerja tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik sehingga berdampak terhadap tumbuhnya industri mikro dan kecil," ucapnya Kamis (3/12/2020). 

Selain itu, juga dapat memperkuat daya saing global dan tumbuhnya nilai investor sehingga perekonomian serta kesejahteraan masyarakat di Kulonprogo menjadi lebih meningkat. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulonprogo, Agung Kurniawan, mengatakan peresmian ini diharapkan dapat memberikan semangat bagi pengelola MPP. 

Sehingga sesuai dengan tujuannya yakni mendekatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat sekaligus mengintegrasikan pelayanan. 

"Pada tahun 2018, ketika awal beroperasi terdapat 121 jenis layanan. Kini meningkat menjadi 333 jenis layanan yang diberikan oleh 20 unit penyelenggaraan pelayanan," kata Agung. 

Adapun 20 jenis pelayanan tersebut diantaranya pelayanan PDAM, Bank BPD DIY, Samsat, Polres, Kejaksaan, Imigrasi, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Pelayanan Pajak, Dinas Perpustakaan dan Arsip. 

Selanjutnya pelayanan BPR Bank Pasar, DPMPT Kulon Progo, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, PT Taspen, BPJS Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, BPJS Ketenagakerjaan.

"Pelayanan yang terbaru ada pelayanan BPOM," bebernya. 

Agung juga mengatakan masa pandemi Covid-19 saat ini, pengelola MPP juga memberikan kebijakan untuk membatasi layanan secara langsung menjadi online. 

Namun bagi pelayanan yang tidak bisa dilakukan secara online, pihaknya tetap melayani secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

( tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved