Breaking News:

Status Siaga Gunung Merapi

DP3AP2 DI Yogyakarta Berikan Pelatihan Keterampilan untuk Pengungsi Merapi

Pelatihan keterampilan diselenggarakan untuk mengusir rasa jenuh para pengungsi.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Pengendalian Penduduk (DP3P2) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan pelatihan berupa keterampilan kepada para pengungsi Merapi yang berada di barak Glagaharjo, Sleman.

Kepala Dinas DP3AP2 DIY, Erlina Hidayati mengatakan, keterampilan dibuat untuk mengusir rasa jenuh para pengungsi.

"Keterampilan yang diberikan sederhana saja, mulai dari membuat kerajinan dari tali kur hingga menganyam . Sehingga, pengungsi ada kegiatan dan rasa jenuh bisa dialihkan," jelasnya saat dihubungi Tribunjogja.com, pada Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: DPR RI dan Kemensos Sebut Penanganan Pengungsi Gunung Merapi di Sleman Sudah Baik

Kegiatan ini, lanjut Erlina, turut melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui pembentukan posko PPA yang beranggotakan Tesaga Puspaga Satgas PPA.

Sehingga, pendampingan kepada para pengungsi pun lebih terarah.

"Posko PPA akan menjadi fasilitas yang melayani berbagai permasalahan keluarga atau keluhan lainnya. Disediakan pula ruang bermain ramah anak. Jadi, anak-anak di sana pun tidak merasa kesepian," ujarnya.

Rencananya, selain pelatihan keterampilan akan dibuat pula kegiatan menggambar dan mewarnai bagi anak-anak, agar aktivitas dan kreativitas anak-anak tidak hilang.

"Mereka (anak-anak) , kan bersekolah secara daring. Biasanya, setelah selesai daring banyak waktu kosongnya. Ke depannya waktu kosong inilah akan dimanfaatkan untuk belajar menggambar dan mewarnai," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved