Breaking News:

Libur Akhir Tahun

Sri Sultan Hamengku Buwono X Minta PHRI Kontrol Kesiapan Prokes saat Libur Akhir Tahun

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini sedang meningkatkan kewaspadaan terkait penularan Covid-19. 

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat diwawancarai wartawan soal dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida di Kepatihan, Selasa (24/11/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini sedang meningkatkan kewaspadaan terkait penularan Covid-19 di wilayahnya, terutama jelang libur akhir tahun.

Sebagai upaya pencegahan menjelang libur akhir tahun, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menginginkan agar protokol kesehatan di hotel harus dilaksanakan secara disiplin.

Sultan menegaskan agar Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY dapat menjadi subyek dalam hal pencegahan penularan Covid-19.

"Kalau kami justru yang mengontrol asosiasi sendiri, yaitu PHRI. Misal restoran dan hotel dibuka, silakan. Kami hanya mengeluarkan keputusan prokes," kata Sultan, saat ditemui di Kepatihan, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Hadapi Libur Akhir Tahun, Satpol PP DIY Siagakan 459 Personel Untuk Awasi Penerapan Prokes

Baca juga: Kasus Covid-19 Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Belum Capai Puncak

Ia menambahkan, aspek teknis perhotelan perlu diperhatian misalnya, lanjut Sultan, kolam renang dengan ukuran 40 meter persegi, hanya untuk lima pengunjung hotel yang diperbolehkan berenang.

Hal-hal semacam itu menurutnya menjadi keputusan PHRI. Sehingga dari pihak asosiasi diharapkan berperan sebagai subyek.

"Itu keputusan PHRI sendiri. Sehingga asosiasi sendiri saya perankan sebagai subyek," terang Sultan.

Sehingga yang berhak menerbitkan sertifikat operasional pembukaan hotel dari PHRI. Termasuk kontrol ketika hotel itu sendiri beroperasi.

"Aku ngertine nek ono sing positif yo tak tutup (Saya tahunya kalau ada yang positif ya saya tutup). Dengan demikian mereka akan ketat sendiri," tutup Sultan.(Tribunjogja/Miftahul Huda)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved