Breaking News:

Penanganan Covid

Update Covid-19 di Kulon Progo 20 November 2020, Klaster Disdukcapil Tambah 10 Kasus

Klaster penyebaran COVID-19 dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) semakin bertambah.

Freepik.com
Ilustrasi Sars-Cov-2 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Klaster penyebaran COVID-19 dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) semakin bertambah. 

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan dari klaster kantor Disdukcapil, pihaknya mencatat penambahan sebanyak 10 kasus di mana 6 di antaranya ditemukan di instansi yang ada di pemerintah kabupaten (Pemkab) Kulon Progo

Keenam kasus tersebut diantaranya 4 kasus temuan di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), 1 kasus temuan di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan 1 kasus ditemukan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). 

"Sementara sisanya kontak dari keluarga. Dengan penambahan 10 kasus baru itu maka total jumlah penderita COVID-19 dari klaster Disdukcapil saat ini telah mencapai 49 orang," ucapnya Jumat (20/11/2020). 

Baca juga: Sudah 39 Orang Dinyatakan Positif, Ini Langkah Pemkab Kulon Progo Cegah Klaster Disdukcapil Meluas

Dengan semakin bertambahnya kasus positif dari klaster Disdukcapil, gugus tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo memutuskan untuk penutupan kantor Disdukcapil diperpanjang seminggu ke depan. 

Sementara untuk kantor Diskominfo karena jumlah yang terpapar COVID-19 tidak sebanyak di Disdukcapil maka pihaknya belum akan menutup kantor tersebut. 

"Kami telah melakukan penyemprotan desinfektan kantor Diskominfo di tempat-tempat yang sebelumnya memang digunakan oleh pasien positif tersebut. Namun kami juga akan melakukan desinfeksi lanjutan di kantor Bappeda dan BKAD. Kedua kantor itu juga sementara belum ditutup juga," kata Baning. 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 345 orang. 

Dengan rincian 27 orang isolasi di rumah sakit, 94 orang isolasi mandiri, 215 orang dinyatakan sembuh dan 9 orang dinyatakan meninggal dunia. (TRIBUNJOGJA.COM)

Catatan Redaksi: Bersama kita lawan virus corona. Tribunjogja.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu 3M:

- Wajib Memakai masker
- Wajib Menjaga jarak dan menghindari kerumunan
- Wajib Mencuci tangan dengan sabun

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved