Breaking News:

Berita Kesehatan

Hindari Minum Obat dengan Teh Manis, Yuk Kenali Efek Sampingnya

Minum obat dengan teh manis bisa menimbulkan reaksi yang merugikan kesehatan. Apa saja risiko yang bisa timbul?

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Ada sebagian orang yang berusaha untuk menghindari rasa pahit ketika minum obat. Sehingga ia pun minum obat dengan teh manis untuk menghilangkan rasa pahit tersebut.

Pertanyaannya, apakah ada efek sampingnya minum obat dengan teh manis?

Minum obat dengan teh memang dapat membantu menyamarkan rasa pahit dari obat yang dikonsumsi. Kendati demikian, kebiasaan tersebut tidak dianjurkan.

Teh adalah minuman yang mengandung senyawa kafein. Meski kandungan kafein pada teh tidak sebanyak pada kopi, tetapi tetap dapat menimbulkan interaksi obat.

Ilustrasi secangkir teh
Ilustrasi secangkir teh (capebretonpost.com)

Di dalam pencernaan, senyawa kafein yang terkandung dalam teh akan berikatan dengan zat kimia obat sehingga menyebabkan obat sulit dicerna.

Efek interaksi obat dengan kafein tersebut dapat menghambat efektivitas kerja obat di dalam tubuh hingga meningkatkan risiko terjadinya efek samping obat.

Kafein juga dapat menimbulkan efek samping, seperti muncul rasa gugup dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, peningkatan denyut jantung, dan lainnya. Akibatnya, obat yang kita minum tidak dapat bekerja efektif dalam tubuh untuk menyasar sumber penyakitnya.

Baca juga: Waspada! Ini Efek Samping Berbahaya Minum Obat Bersamaan dengan Minum Kopi

Berikan jeda waktu

Disarankan untuk memberi jeda 3-4 jam setelah meminum kafein jika kamu akan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Jenis obat-obatan yang tidak boleh diminum dengan teh Ada beberapa jenis obat-obatan yang tidak boleh diminum dengan teh, yaitu:

Halaman
1234
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved