Muncul Benjolan Berisi Cairan di Pergelangan Tangan, Pertanda Apa?

Bentuk kista ganglion berupa benjolan bulat atau oval yang berisi cairan kenyal mirip jeli. Cairan kental seperti jeli ini disebut sinovial.

Editor: Mona Kriesdinar
net
Kista Ganglion 

TRIBUNJOGJA.COM - Lantaran penyebab tertentu, biasanya muncul benjolan berisi cairan di pergelangan tangan. Benjolan ini tidak ganas, atau bukan kanker. Dan juga tidak berbahaya. Tapi penyakit ini kerap kali menimbulkan rasa sakit akibat menekan saraf di sekitarnya.

Dalam istilah medis, benjolan di pergelangan tangan tersebut disebut Kista Ganglion.

Benjolan ini kerap muncul di sekitar tendon atau sendi pergelangan tangan dan kaki.

Bentuk kista ganglion berupa benjolan bulat atau oval yang berisi cairan kenyal mirip jeli. Cairan kental seperti jeli ini disebut sinovial.

Baca juga: Sebaiknya Hati-hati, Benjolan di Ketiak Saat Menstruasi Bisa Jadi Gejala Kanker Payudara

Fungsi sinovial adalah melumasi dan melindungi sendi serta tendon selama bergerak.

Kista ganglion bisa tumbuh kecil seukuran kacang polong sampai sebesar bola golf. Kendati tidak berbahaya, penyakit ini terkadang terasa nyeri jika menekan saraf di sekitarnya.

Selain itu, tak jarang gangguan kesehatan ini mengganggu pergerakan sendi.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait gejala dan penyebab kista ganglion.

Baca juga: Kenali 13 Penyebab Benjolan di Punggung, Mulai Abses, Kutil Hingga Kanker

Gejala kista ganglion

Melansir Mayo Clinic, terdapat beberapa gejala kista ganglion yang khas, antara lain: Kista ganglion bisa tumbuh di berbagai bagian tubuh, namun paling umum muncul di sendi pergelangan tangan dan kaki Kista ganglion bisa muncul sangat kecil sampai tidak dirasakan.

Ukurannya terkadang berubah-ubah, kista baru membesar saat sendi digunakan untuk gerakan berulang Benjolan kista ganglion yang menekan saraf bisa menyebabkan nyeri, kesemutan, mati rasa, atau lemah otot Konsultasikan ke dokter apabila Anda merasakan gejala kista ganglion di atas.

Baca juga: Tak Hanya Benjolan di Leher, Berikut 10 Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah

Penyebab kista ganglion

Penyebab kista ganglion secara pasti hingga kini belum diketahui. Namun, gangguan kesehatan ini bisa muncul saat cairan sinovial yang mengelilingi sendi atau tendon bocor, terkumpul, hingga membentuk benjolan.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang seseorang mengidap kista ganglion di antaranya:

  • Wanita berusia antara 20 tahun sampai 40 tahun
  • Menderita radang sendi jari atau osteoartritis
  • Pernah mengalami cedera sendi atau tendon

Melansir NHS, kista ganglion umumnya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Tapi, dokter terkadang menyarankan perawatan dengan operasi ganglion apabila gangguan kesehatan ini memicu nyeri dan mengganggu pergerakan sendi.

Cara mengatasi kista ganglion lainnya yakni dokter menghilangkan isi kista dengan jarum suntik. Area kista ganglion yang sudah disedot lantas disuntik dengan obat steroid untuk mencegah penyakit kambuh.

Terkadang kista ganglion kembali kambuh setelah diberi perawatan medis. Kondisi ini kerap terjadi apabila kista ganglion tumbuh di pergelangan tangan. (*)

==

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gejala dan Penyebab Kista Ganglion, Biang Benjolan Pergelangan Tangan"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved