Tak Hanya Benjolan di Leher, Berikut 10 Gejala Kelenjar Tiroid Bermasalah

Ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang terlalu banyak, tubuh bisa menggunakan energi terlalu cepat.

Editor: Rina Eviana
via popxo.com
ILUSTRASI 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak hanya benjolan di leher, permasalahan adanya masalah pada kelenjar tiroid juga ditandai sejumlah gejala yang kerap diabaikkan.

Kelenjar tiroid yang berfungsi mengendalikan hormon untuk metabolisme tubuh bisa mengalami gangguan atau terkena penyakit.

Dilansir dari Cleveland Clinic, saat kelenjar tiroid bermasalah, kinerja organ tubuh bisa terganggu. Ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang terlalu banyak, tubuh bisa menggunakan energi terlalu cepat.

Kuatkan leher dan rahang
Kuatkan leher dan rahang (iStock)

Kondisi ini disebut hipertiroid. Sebaliknya, saat kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang terlalu sedikit, tubuh bisa kekurangan energi.

Kondisi ini disebut hipotiroid.

Terdapat beberapa gejala yang muncul ketika Anda menderita penyakit kelenjar tiroid. Berikut beberapa gejala kelenjar tiroid bermasalah yang kerap dialami penderita:

1. Muncul benjolan di leher

Melansir WebMD, kelenjar tiroid adalah organ kecil berbentuk mirip kupu-kupu yang terletak di leher bagian depan dan melingkari batang tenggorokan.

Saat mengalami hipotiroid atau hipertiroid, gejala kelenjar tiroid yang lazim muncul adalah muncul benjolan di leher atau gondok. Terkadang, benjolan di leher bisa muncul karena tumor di dalam tiroid, kanker tiroid, atau penyebab lain yang tidak terkait dengan masalah tiroid.

2. Berat badan turun atau naik tanpa sebab jelas

ilustrasi
ilustrasi (clinicarenova.com)

Perubahan berat badan baik naik atau pun turun tanpa sebab jelas bisa jadi tanda gejala kelenjar tiroid bermasalah.

Penambahan berat badan menjadi tanda kelenjar tiroid kurang aktif memproduksi hormon tiroid (hipotiroid). Sebaliknya, jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon secara berlebihan (hipertiroid), berat badan bisa turun karena tubuh mengeluarkan banyak energi.

Penyebab dan Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Bengkak, Bisa Tanpa Operasi?

 3. Detak jantung berubah

Hormon tiroid dapat memengaruhi setiap organ di dalam tubuh, termasuk kecepatan detak jantung. Gejala kelenjar tiroid kurang atau tidak aktif (hipotiroid) bisa ditandai dengan detak jantung yang lebih lambat ketimbang biasanya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved