Breaking News:

Wisata

Pantai Parangtritis Dipadati Ribuan Wisatawan, Diminta Waspada Ombak dan Patuh Larangan Berenang

Pantai Parangtritis Dipadati Ribuan Pengunjung, Wisatawan Diminta Waspada Ombak dan Patuh Larangan Berenang

Dokumentasi SAR linmas Parangtritis
Ilustrasi : Gelombang tinggi. Petugas SAR Linmas Pantai Parangtritis memberikan himbauan kepada wisatawan supaya tidak bermain air ke tengah. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL- Pantai Parangtritis masih menjadi primadona, sebagai tempat rekreasi di Bumi Projotamansari.

Animo masyarakat untuk berkunjung kesana cukup tinggi. Terbukti, pada libur panjang akhir pekan ini, pantai selatan di Kabupaten Bantul itu, disesaki para pelancong.

Pantauan dilokasi, wisatawan ramai memadati bibir pantai. Ada yang sekadar duduk santai, berlarian, hingga ada juga yang bermain air ditepian pantai.

Tim SAR dari satlinmas Rescue Istimewa mengawasi tingkah para wisatawan. Petugas Kepolisian dari Ditpolair juga berjaga di-area pantai.

Imbauan dilarang berenang terpasang disejumlah titik. Terutama daerah palung, sebab, berbahaya.

Data yang dihimpun dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR), kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis dan Depok hari ini tercatat 13.100 wisatawan.

Koordinator TPR Parangtritis, Rokhmat Ridwanto mengatakan, kunjungan wisatawan ke pantai Parangtritis dan Depok paling ramai waktu sore, sekitar pukul 15.00 WIB, hingga matahari terbenam.

Baca juga: Liburan Cuti Bersama Pecahkan Rekor Penumpang Terbanyak Bandara YIA, Tercatat 8 Ribu Lebih Penumpang

Baca juga: Pantai Gunungkidul, Gunung Api Purba Nglanggeran, Air Terjun Sri Getuk Diserbu Wisatawan

"Ramainya itu jam tiga sampai sunset," kata Rokhmat, Minggu (01/11/2020). Jumlah kunjungan tersebut, lebih tinggi dibanding hari sebelumnya yaitu 9.900 pengunjung.

Menurut dia, pada libur panjang akhir pekan ini, puncak kunjungan wisatawan ke pantai Parangtritis dan Depok terjadi pada hari Kamis (29/10) lalu. Dalam satu hari, kunjungan bisa mencapai 14.900 wisatawan.

"Puncaknya hari Kamis, kunjungan paling tinggi. Mungkin karena awal tanggal merah," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Bantul, Anihayah menyampaikan, selain Pantai Parangtritis dan Depok, sejumlah objek wisata alam pantai di Kabupaten Bantul juga ramai dikunjungi wisatawan diakhir pekan libur panjang.

Misalnya saja, pantai Samas, hari ini tercatat dikunjungi 1.600 wisatawan, pantai Goa Cemara 200 wisatawan, pantai baru 700 wisatawan dan pantai Kwaru 280 wisatawan. Ia mengaku memonitoring ke sejumlah objek wisata, untuk melihat langsung penerapan Protokol Kesehatan.

Sejauh ini sudah cukup baik. Kendati demikian, pihaknya tak henti mengingatkan kepada wisatawan yang datang ke Bantul, agar selalu patuh dan disiplin pada Protokol Kesehatan. "Minimal memakai masker, rutin mencuci tangan dan saling menjaga jarak, serta menghindari kerumunan," imbau dia.

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Yudha Kristiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved