Breaking News:

Kolom KPU DIY

Peluang dan Tantangan Kampanye Virtual

khusus pilkada serentak di tahun 2020 ini, karena diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, sebagian besar aktivitasnya harus virtual.

Istimewa
Komisioner KPU DIY, Ahmad Shidqi 

Oleh: Anggota KPU DIY, Ahmad Shidqi

TRIBUNJOGJA.COM  - Covid-19 telah memaksa kita semua mengubah pola komunikasi dan interaksi sosial antar sesama manusia. Komunikasi langsung dengan pertemuan fisik cenderung dihindari untuk mencegah penyebaran virus ganas corona yang tak kasat mata.

Sebagai gantinya, interaksi tak langsung melalui komunikasi virtual menjadi pilihan yang kini lebih banyak digunakan untuk berbagai jenis aktivitas dan kegiatan masyarakat, termasuk dalam masalah politik.

Sebagai aktivitas politik yang menuntut banyak komunikasi sosial, pilkada biasanya selalu diwarnai oleh interaksi, dan dalam batas tertentu mobilisasi sosial yang melibatkan banyak orang dan dilakukan secara langsung.

Namun, khusus pilkada serentak di tahun 2020 ini, karena diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung membaik, sebagian besar aktivitasnya harus dilakukan secara virtual.

Hal ini dilakukan tentu dengan tujuan agar pilkada tidak menjadi media penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu aktivitas tahapan pilkada yang harus dilakukan secara virtual adalah kampanye.

Melalui Peraturan KPU No. 13 Tahun 2020 KPU telah melarang berbagai jenis pertemuan yang dapat menjadi arena berkumpulnya banyak orang, seperti rapat umum, gelar budaya, konser musik, bazaar sosial, olah raga, dan pertemuan parpol.

Tak hanya itu, debat publik yang biasanya dihadiri oleh tim pendukung sebagai "suporter" kini juga telah dibatasi, hanya boleh dihadiri oleh pasangan calon dan empat orang tim kampanyenya saja.

Begitu pula kampanye dengan cara dialog dan tatap muka dalam bentuk pertemuan terbatas juga semakin dibatasi, hanya boleh dihadiri oleh maksimal 50 orang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Halaman
123
Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved