Breaking News:

Jawa

Laporan Keuangan Pemkot Magelang Raih Opini WTP untuk Ke-4 Kali

Pemkot Magelang menjadi satu dari 87 pemerintah kota yang meraih opini WTP di Indonesia.

istimewa
Laporan Keuangan Pemkot Magelang Raih Opini WTP untuk Ke-4 Kali 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk keempat kalinya secara berturut turut, Pemerintah Kota Magelang mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan (LK) dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020.

Penghargaan WTP disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) IA Magelang Hartana kepada Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito di Pendopo Pengabdian komplek rumah dinas Wali Kota Magelang, Kamis (22/10/2020)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang Wawan Setiadi mengatakan, pencapaian opini WTP tidak hanya prestise dan kebanggaan bagi daerah saja.

Di samping mendapatkan penghargaan imateri, pemerintah daerah juga akan mendapatkan insentif dari Pemerintah Pusat yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerah dalam membiayai belanja pembangunan daerah.

Baca juga: Wali Kota Magelang Tegaskan Lagi Soal Netralitas ASN pada Pilkada 2020

Wawan menyebutkan, pada tahun 2017, Kota Magelang mendapat WTP pertama kali atas LK tahun 2016 dan mendapatkan insentif sebesar Rp 7,5 Miliar.

Tahun selanjutnya, WTP merupakan kriteria umum dalam perhitungan Dana Insentif Daerah (DID) sehingga Kota Magelang memperoleh alokasi DID tahun 2018 sebesar Rp 18,25 Miliar.

"Di tahun anggaran 2019 mendapat DID sebesar Rp 42,3 Miliar, dan di 2020 ini mendapatkan DID sebesar Rp 42,5 miliar," terang Wawan.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) IA Magelang Hartana memaparkan, pengumuman opini WTP ini sudah dilakukan pada bulan September lalu melalui virtual meeting.

Pemkot Magelang menjadi satu dari 87 pemerintah kota yang meraih opini WTP di Indonesia.

Hartana menyebutkan, penghargaan ini memiliki arti bahwa LKPD yang disusun oleh Pemkot Magelang telah memenuhi 4 kriteria.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved