Breaking News:

Buah Bibir

Curhatan Biduan Dangdut Anggun Cantika, Sepi Job Selama Pandemi

Biduan dangdut Anggun Cantika merasakan dampak dari pandemi covid-19. Kini jarang sekali ada tawaran job manggung selama masa pembatasan sosial

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Mona Kriesdinar
DOK Pri
Anggun Cantika 

TRIBUNJOGJA.COM - Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai sendi kehidupan. Banyak usaha yang terpaksa gulung tikar lantaran bisnis yang tak berputar. Sebagian lainnya harus mengurangi tenaga kerja atau bertahan dengan situasi serba sulit.

Hal ini dirasakan pula oleh para seniman panggung.

Mereka yang menggantungkan hidupnya dari event ke event ini merasakan bagaimana pandemi telah memutus mata pencaharian mereka. Ya, semenjak virus corona melanda banyak sekali panggung yang terpaksa ditunda.

Anggun Cantika
Anggun Cantika (Dok Pribadi)

Terang saja, hal tersebut juga dirasakan Anggun Cantika, seorang biduan dangdut yang namanya tentu tak asing di telinga masyarakat Yogyakarta. Tawaran manggung yang sebelumnya hadir hampir setiap pekan, dewasa ini sontak sepi seiring pandemi berkepanjangan.

"Job manggung susah sekarang, banyak yang cancel ya, karena ngga dapat izin. Kalaupun ada, durasinya dibatasi. Otomatis, bayarannya ikut berkurang, yang harusnya tiga jam, cuma jadi dua jam," terangnya.

Baca juga: Kisah Rara LIDA Hingga Memilih Jalur Musik Dangdut

Alhasil, lantaran keberadaan panggung kesenian yang begitu minim, mau tidak mau Anggun pun rela bayaran terpotong demi kembali menghibur masyarakat. Apalagi, ia merasa, selama ini pemerintah kurang memberi perhatian pada deretan pekerja seni di tanah air.

"Terutama untuk pekerja seni yang sudah usia lanjut, ngga harus uang, mungkin bisa sembako. Kasihan ya, misalnya gaweane cuma ngendang, sementara beliau sudah ada keluarga, anak atau istri," tandasnya.

Baca juga: Cerita Jargon Tarik Sis Semongko Viral di Medsos, Ini Sosok Biduan Dangdut yang Mempopulerkannya

Lebih lanjut, gadis kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu berharap para pemangku kebijakan bisa melunak, serta mengizinkan event musik kembali digelar. Ya, tentunya, dengan penerapan protokol kesehehatan ketat, serta pembatasan juah penonton di venue.

Anggun Cantika
Anggun Cantika (DOK Pri)

"Tapi, harapan terbesarnya tetap semoga pandemi ini segera berakhir. Sehingga, bukan hanya kami pekerja seni saja, semua pekerja di bidang lain, bisa kembali beraktivitas secara normal seperti dulu," ujarnya.

Untuk mengisi waktu luangnya di tengah pandemi, Anggun mengisahkan, dirinya mulai menekuni bisnis sampingan di luar dunia tarik suara. Beberapa bidang usaha pun coba digelutinya, mulai dari kuliner @pisanggemesh, hingga produk kecantikan @cantikka_eyelashh.

"Usaha di masa pandemi seperti ini susah susah gampang juga sebenarnya. Tapi, ya ditekuni dulu lah, lumayan sambil ngisi waktu, buat kegiatan," pungkasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved