Breaking News:

Penanganan Covid

Ini Imbauan Gugus Tugas Bagi Wisatawan yang Berlibur ke Yogyakarta Saat Long Weekend Mendatang

Ini Imbauan Gugus Tugas Bagi Wisatawan yang Berlibur ke Yogyakarta Saat Long Weekend Mendatang

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Biwara Yuswantana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gugus Tugas penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) minta tim penegak hukum supaya mempersiapkan pengamanan untuk menyambut libur panjang akhir Oktober nanti.

Gugus tugas DIY tak ingin momen berkumpulnya wisatawan asal luar daerah yang datang ke DIY justru menimbulkan klaster Covid-19.

Wakil Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 DIY Biwara Yuswantana mendesak agar masing-masing obyek wisata wajib menyiapkan kebutuhan protokol kesehatan.

Mulai dari hotel, restoran, hingga seluruh destinasi wisata yang ada di DIY wajib memenuhi standar protokol kesehatan.

"Masih beberapa hari ke depan. Tapi ya tetap kami berharap penegak hukum bisa berjaga-jaga untuk mengamankan obyek wisata," katanya saat dihubungi Tribunjogja.com, Selasa (20/10/2020).

Ia menambahkan, secara aturan pemerintah DIY masih mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 48 tahun 2020 tentang pedoman penyusunan panduan pelaksanaan pelayanan publik dan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Hadapi Long Weekend, Dinas Pariwisata Minta Pengelola Obyek Wisata Data Kunjungan Wisatawan

Baca juga: Antisipasi Kunjungan Wisatawan Saat Long Weekend, Dinpar Gunungkidul Siagakan 150 Personel Gabungan

Salah satu point terpenting, setiap wisatawan wajib menyertakan surat keterangan sehat atau hasil rapid test.

"Itu kan berlaku khusus untuk wisatawan yang rombongan dan menyesuaikan aturan di hotel. Kalau mandiri kan tidak, pada prinsipnya itu," tegas Biwara.

Lebih lanjut pihaknya menekankan supaya setiap wisatawan yang ingin masuk ke DIY harus memastikan diri dalam kondisi sehat.

"Intinya kami menekankan untuk wisatawan luar daerah yang masuk ke DIY harus dalam kondisi sehat," ujarnya.

Sebagai catatan long weekend di tengah pandemi pada Agustus kemarin, untuk kawasan Malioboro saja selama tiga hari telah mendatangkan 18.375 wisatawan dan sempat muncul kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada salah satu pedagang.

Data tersebut, oleh Gugus Tugas dijadikan acuan agar pengamananan libur panjang selanjutnya diharapkan jauh lebih baik dari sebelumnya, mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

"Tentu kami tekankan agar masyarakat memiliki kesadaran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (Tribunjogja/Miftahul Huda)

Catatan Redaksi:  Bersama kita lawan virus corona. Tribunjogja.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu 3M:

- Wajib Memakai masker
- Wajib Menjaga jarak dan menghindari kerumunan
- Wajib Mencuci tangan dengan sabun

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved