Puluhan Wisatawan di Rowo Jombor Terjaring Razia Protokol Kesehatan, Diberikan Sanksi Sosial

Puluhan Wisatawan di Rowo Jombor Terjaring Razia Protokol Kesehatan, Diberikan Sanksi Sosial

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Hari Susmayanti
Dok Satpol PP Klaten
Petugas Satpol PP Klaten tengah mendata pelanggar protokol kesehatan di obyek wisata Rowo Jombor, Selasa (6/10/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 30 orang warga pelanggar protokol kesehatan terjaring dalam razia yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten di objek wisata Rawa Jombor, Selasa (6/10/2020) sore.

Puluhan warga itu terjaring razia karena tidak  mengenakan masker saat berkunjung ke objek wisata unggulan di Kabupaten Klaten tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Satpol PP Klaten, Rabiman mengatakan saat ini angka persebaran Covid-19 mengalami penurunan, oleh karena itu pihaknya semakin gencar melakukan razia di sejumlah titik keramaian agar kasus Covid-19 segera turun.

"Operasi masker sore ini di objek wisata Rowo Jombor yang bertujuan untuk menekan perkembangan covid-19 di Klaten dan mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Ia menambahkan, razia masker dilakukan di sejumlah titik di Rawa Jombor yaitu di pintu masuk, di Dermaga dan sejumlah titik lainnya.

Positivity Rate di Indonesia Tiga Kali Lebih Besar dari Standar WHO

Sekda DIY : Pelanggaran Penggunaan Masker 90 Persen dari Wisatawan Luar Daerah

Menurutnya, dari puluhan pelanggar yang terjaring itu paling banyak adalah remaja dan orang dewasa.

"Para pelanggar tersebut dikenakan sejumlah sanksi yang sesuai dengan Perbup Nomor 40 Tahun 2020 yaitu penahanan KTP dan sanksi sosial bagi yang melanggar," jelasnya.

Selain memberikan sanksi, lanjut Rabiman, pihaknya juga memberikan masker kepada puluhan pelanggar tersebut dan memberikan peringatan agar para pelanggar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Tadi petugas juga mengecek sejumlah perahu di Rawa Jombor untuk memastikan apakah sudah mematuhi standar keselamatan dan mengingatkan pemilik perahu agar penumpang tetap jaga jarak," tandas Rabiman.(Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved