Breaking News:

Wabah Virus Corona

Hasil Studi Ungkap Bagaimana Pola Penularan COVID-19 di Kabin Pesawat

Temuan tersebut tentu amat penting sebagai panduan bagi pada para pelancong yang perlahan-lahan kembali menggunakan penerbangan udara.

Editor: Rina Eviana
SHUTTERSTOCK/MATEJ KASTELIC
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Di tengah pandemi Virus Corona penyebab COVID-19, ada aturan ketika penumpang pesawat akan bepergian.

Di antaranya adalah menyertakan hasil swab test maupun rapid test. Namun beberapa kasus menunjukkan prosedur itu masih ada kelemahan dimana beberapa penumpang pesawat yang nonreaktif saat rapid test ternyata positif COVID-19.

Dan dari beberapa peristiwa yang terjadi membuat pihak berwenang kecolongan mencegah penularan COVID-19.

Ilustrasi: Pemeriksaan kesehatan dan berkas penumpang
Ilustrasi: Pemeriksaan kesehatan dan berkas penumpang (istimewa)

Dua hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah menimbulkan pertanyaan apakah penularan COVID-19 dalam penerbangan panjang lebih mudah terjadi, daripada yang diduga sebelumnya?

Penelitan pertama mengamati empat orang dalam penerbangan 15 jam yang sama dari Boston, Amerika Serikat ke Hong Kong, yang kemudian keempatnya dinyatakan positif COVID-19 .

Dalam kasus tersebut, ditemukan urutan genetik virus pada keempatnya adalah identik, yang sangat menunjukkan bahwa virus dapat ditularkan selama perjalanan udara.

Studi lain memeriksa penerbangan 10 jam dari London, Inggris ke Hanoi, Vietnam, di mana 16 penumpang ditemukan terjangkit virus ini.

Sebanyak 12 di antaranya duduk di kelas bisnis pada dua kursi atau baris, dari satu-satunya orang yang bergejala dalam kabin itu.

“Kedekatan tempat duduk pun sangat terkait dengan peningkatan risiko infeksi,” demikian bunyi hasil penelitian itu.

Kedua hasil penelitian itu lalu diterbitkan dalam jurnal Emerging Infectious Diseases. Temuan tersebut tentu amat penting sebagai panduan bagi pada para pelancong yang perlahan-lahan kembali menggunakan penerbangan udara.

Sebut Salah Unggah, CDC Hapus Pembaruan Virus Corona Menyebar di Udara

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved