Tak Selalu Kanker, Kenali 7 Jenis Benjolan atau Kelainan Payudara dan Cara Mengobatinya

Padahal sebenarnya, benjolan pada payudara wanita tak selalu menandakan penyakit ganas itu.

Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi wanita, jika mendapati ada benjolan di payudara maka rasa waswas muncul. Wajar jika mendapati benjolan di payudara, para wanita merasa rasa takut.

Mereka khawatir benjolan yang muncul tersebut berkaitan dengan gejala kanker payudara. Padahal sebenarnya, benjolan pada payudara wanita tak selalu menandakan penyakit ganas itu.

Terdapat banyak kelainan yang mungkin terjadi pada payudara wanita.

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kanker Payudara

Kanker Payudara memang termasuk kelainan pada payudara yang sering diderita kaum hawa. Melansir Health Line, pada awalnya, penderita kanker payudara mungkin hanya akan merasakan adanya benjolan di payudara, baik yang dapat bergerak (mobile) maupun yang tidak dapat bergerak (terfixir).

Di tahap ini, jarang adanya rasa sakit. Tepi benjolan sering teraba tidak teratur, kasar, dan keras. Pada pemeriksaan USG, sering didapatkan bayangan gambaran benjolan dengan tepi tidak beraturan atau tidak rata. Sementara, pada mamografi sering didapatkan bayangan benjolan seperti komet. Jika dibiarkan tanpa penanganan, benjolan tersebut bisa jadi akan lengeket ke kulit atau ke dasar payudara, sehingga tidak dapat bergerak sama sekali.

Semakin lanjut, benjolan pun dapat semakin membesar, bahkan dapat pecah menjadi koreng yang menganga disertai bau tidak sedap. Pengobatan yang terbaik untuk kasus kanker payudara adalah operasi dan dilanjutkan dengan kemoterapi serta radioterapi.

2. Fibro adenoma mamma (FAM)

FAM berbeda dengan tumor ganas (kanker) payudara. FAM merupakan tumor jinak payudara dan merupakan kasus terbanyak tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau multiple (banyak) pada satu payudara atau kedua payudara.

Karakter FAM antara lain, yakni:

-Teraba padat kenyal

-Dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile)

-Bentuk bulat

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved