Breaking News:

UMY Terjunkan 180 Mahasiswa KKN Relawan Covid-19 untuk Berikan Edukasi pada Masyarakat Kasihan

Tugas KKN Relawan Covid-19 ini adalah untuk menggerakkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam situasi Covid-19

dok.istimewa
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerjunkan 180 Mahasiswa KKN Relawan Covid-19 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam rangka memberikan edukasi, pendampingan, dan contoh kepada masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerjunkan 180 mahasiswa KKN Relawan Covid-19 pada Sabtu (19/9/2020) di Lantai Dasar Masjid KH. Ahmad Dahlan Kampus Terpadu UMY.

Sejumlah mahasiswa tersebut dibimbing oleh 30 dosen pembimbing lapangan.

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P. IPM, menegaskan tugas KKN Relawan Covid-19 ini adalah untuk menggerakkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam situasi Covid-19.

“UMY percaya penuh kepada mahasiswanya yang pasti memiliki kecerdasan rasional dan kecerdasan ilmu pengetahuan untuk menjalankan amanah ini. Itulah mengapa KKN ini diadakan agar seluruh lapisan sivitas akademika UMY bergerak. Kejelekan yang dimiliki orang Indonesia itu kurang disiplin dan kesadaran yang rendah, kalian harus menjadi contoh dan memberikan edukasi betapa pentingnya kedisiplinan dan kesadaran dalam hal penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan hidup sehari-hari,” jelasnya melalu keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Sejatinya, lanjut Gunawan, dalam memerangi virus Covid-19 sudah ada rumus yang jelas, tetapi kebanyakan masyarakat Indonesia masih menyepelekan hal itu.

“Transmisi baru akan terjadi kalau ada droplet yang jatuh ke bagian tubuh kita, baju, dan membuat kita terinfeksi, makanya gerakan 3M itu penting," ungkapnya.

Ia menerangkan, tugas KKN ini adalah menyosialisasikan gerakan itu kepada masyarakat, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

KKN Relawan Covid-19 UMY ini akan dilaksanakan selama dua bulan yang akan dimulai pada 21 September hingga 20 November 2020.

Mahasiswa akan difokuskan untuk melaksanakan program di lingkungan Kecamatan Kasihan, yang notabene UMY sudah bekerjasama dengan Kantor Kecamatan Kasihan dalam program Kecamatan Kasihan Bermasker pada 9 September 2020 lalu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved