Breaking News:

Wabah Virus Corona

Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Virus Corona dan Positif Terinfeksi COVID-19

Jika Anda mengalami keluhan atau gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera melakukan isolasi mandiri di rumah dan lakukan konsultasi kesehatan online

(Shutterstock/Alona Foto)
Ilustrasi isolasi mandiri, klaster keluarga 

TRIBUNJOGJA.COM -Pandemi Virus Corona yang menyebabkan COVID-19 hingga kini belum juga usai. Malah dari hari ke hari jumlah kasus harian Virus Corona di Indonesia rata-rata di atas 3 ribu orang.

Lonjakan kasus pasien COVID-19 ini juga semakin membuat masyarakat khawatir. Belum lagi, banyak masyarakat yang tidak tahu apa saja yang harus dilakukan ketika terkonfirmasi positif COVID-19.

Melihat kondisi ini, Chief Executive Officer (CEO) Primaya Hospital Group, dr Ferdy D Tiwow SH MS mengatakan, masyarakat harus selalu waspada terhadap berbagai gejala yang terjadi atau dialami tubuhnya.

"Jangan sepelekan gejala batuk, demam, flu, atau nyeri-nyeri yang terjadi di tubuh Anda. Gejala tersebut bisa menjadi indikasi awal potensi terpapar COVID-19," kata Ferdy dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Ilustrasi pasien COVID-19
Ilustrasi pasien COVID-19 (Shutterstock)

Hal yang harus dilakukan jika memiliki keluhan

Jika Anda mengalami keluhan atau gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera melakukan isolasi mandiri di rumah dan lakukan konsultasi kesehatan secara daring (online) atau melalui telemedicine.

Selanjutnya, ikuti saran dokter yang diberikan saat berkonsultasi. Jika dokter menyarankan untuk melakukan skrining (screening) COVID-19, maka segera kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat.

Gejalanya Mirip, Berikut Perbedaan Flu Biasa dan Gejala COVID-19

Skrining di tengah pandemi COVID-19 ini umumnya dilakukan meliputi pemeriksaan darah lengkap, rapid test, dan thorax rontgent atau CT Scan.

Apabila hasil dari skrining tersebut mengindikasikan adanya potensi COVID-19, maka pasien akan diarahkan untuk melakukan swab test.

"Namun, para pasien dapat langsung melakukan pemeriksaan Swab test tanpa harus melakukan screening COVID-19 terlebih dahulu," ujarnya.

Proses uji swab massal untuk ustaz dan ustazah di Ponpes Pandanaran Sleman, Rabu (29/7/2020)
Proses uji swab massal untuk ustaz dan ustazah di Ponpes Pandanaran Sleman, Rabu (29/7/2020) (Tribun Jogja/ Santo Ari)
Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved