Breaking News:

PT KAI Siapkan Ruang Isolasi untuk Penumpang Kereta Api yang Bersuhu Tubuh Tinggi

Tujuan ruang isolasi tersebut untuk menanggulangi jika ada penumpang yang tiba-tiba memiliki suhu 37,3 derajat celsius atau lebih.

Dokumentasi Humas KAI
Penumpang Kereta Api di saat new normal. 

TRIBUNJOGJA.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menambah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh September 2020 ini.

Ada 41 kereta api yang berangkat dari Daop 1 Jakarta. Oleh karena itu, PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, salah satu pencegahan COVID-19 yang diterapkan KAI adalah menyediakan ruang isolasi sementara di kereta.

Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (Dokumentasi PT KAI Daop 1 Jakarta)

Tujuan ruang isolasi tersebut untuk menanggulangi jika ada penumpang yang tiba-tiba memiliki suhu 37,3 derajat celsius atau lebih.

"Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika di perjalanan terdapat penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius," kata Eva seperti dikutip rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Penanganannya pun tak cukup sampai di situ. Penumpang bersuhu 37,3 derajat tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan.

Syarat Penumpang Kereta Api Jarak Jauh September 2020

Hal ini karena, jelasnya, para penumpang kereta api akan diukur suhu tubuhnya secara berkala selama perjalanan kereta, hingga penumpang tiba di stasiun akhir.

"Pengecekannya minimal tiga jam sekali," terangnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (2/9/2020). Tetap pastikan upaya pencegahan COVID-19 di stasiun maupun dalam kereta.

Petugas merapikan pelindung wajah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19.
Petugas merapikan pelindung wajah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Selain itu, upaya pencegahan COVID-19 yang dilakukan PT KAI juga terlihat di stasiun maupun di dalam kereta.

Untuk pencegahan di area stasiun, seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved