Breaking News:

Mengenal Jenis-jenis dan Gejala Awal Diabetes yang Harus Diwaspadai

Ada 3 jenis diabetes utama yang berkembang, yaitu Diabetes Tipe 1, Diabetes Tipe 2, dan Diabetes Gastronal.

Medical News
Ilustrasi Diabetes Tipe 2 

TRIBUNJOGJA.COM - Penyakit Diabetes adalah salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak diderita penduduk dunia.

Kabar buruknya, jumlah penderita diabetes di Indonesia terus melonjak. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan tren naik penderita diabetes dari 5,7 persen (2007), 6,9 persen (2013), dan melonjak menjadi 10,9 persen pada 2018.

Merangkum Medical News Today, diabetes adalah kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa dalam darah atau yang dikenal sebagai gula darah.

Ilustrasi
Ilustrasi (Thinkstock)

Sayangnya, kondisi ini terjadi seumur hidup. Dengan kata lain, jika seseorang didiagnosis dengan penyakit ini maka diperlukan perawatan seumur hidup. Tanpa perawatan yang baik, diabetes dapat menyebabkan penumpukan gula darah.

Hal tersebut kemuadian akan meningkatkan risiko komplikasi seperti stroke dan penyakit jantung. Jenis Diabetes Untuk bisa mendapatkan perawatan yang tepat, kita perlu mengetahui jenis diabetes yang diderita.

Ada 3 jenis diabetes utama yang berkembang, yaitu Diabetes Tipe 1, Diabetes Tipe 2, dan Diabetes Gastronal.

1. Diabetes Tipe 1

Dilansir dari healthline, Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas, tempat insulin dibuat. Hal tersebut kemudian menyebabkan tubuh gagal memproduksi insulin.

Orang dengan diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin buatan. Mereka harus mengonsumsi insulin buatan setiap hari untuk tetap bisa bertahan hidup.

2. Diabetes Tipe 2

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved