Breaking News:

Jawa

PKB Masih Menunggu Rekomendasi Turun untuk Calon Pilkada 2020 Kota Magelang

Beberapa hari ke depan, rekomendasi diharapkannya bisa turun dan mendapatkan pasangan calon yang terbaik untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota

ranseltua.blogspot.com
Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ketua DPC PKB Kota Magelang, H Sallafudin, mengatakan, sampai hari ini, rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk bakal pasangan calon yang akan maju pada Pilkada 2020 Kota Magelang masih belum keluar.

Beberapa hari ke depan, rekomendasi diharapkannya bisa turun dan mendapatkan pasangan calon yang terbaik untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang 2020 nanti.

"Sampai hari ini belum keluar rekomendasi dari PKB untuk calon. Satu sampai dua hari ini, semoga bisa didapatkan yang terbaik," ujar Sallaf, Senin (31/8) saat dihubungi oleh wartawan.

PKS Mantap Usung Aziz-Mansyur pada Pilkada 2020 Kota Magelang

Sebagaimana ketentuan dari KPU bahwa pendaftaran yakni partai politik atau gabungan partai politik yang dapat mendaftar memiliki minimal 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Kota Magelang yaitu lima kursi.

Bisa juga minimal 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilihan Umum Anggota DPRD Kota Magelang Tahun 2019 yaitu 19.374 suara.

Dalam Pemilihan Legislatif 2019 lalu, PDIP memperoleh kursi terbanyak dengan sembilan kursi, kemudian PKB sendiri mendapatkan sebanyak tiga kursi, Gerindra satu kursi, Golkar tiga kursi, PKS tiga kursi, Perindo satu kursi, Partai Hanura dua kursi, dan Partai Demokrat tiga kursi.

Oleh karena itu, untuk dapat mendaftarkan bakal calonnya, PKB mesti berkoalisi dengan partai lain, sehingga dapat memenuhi syarat minimal lima kursi.

Sejauh ini PDIP dengan sembilan kursi, sudah mendapatkan satu pasang bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang yakni Aji Setyawan dan Windarti Agustina.

Booming Lagi, Tanaman Hias Banyak Diminati Masyarakat Magelang Selama Pandemi

Jika PKB maju, maka akan ada minimal dua pasangan calon di Pilkada 2020 nanti.

Terlebih, PKS yang juga telah melakukan pendekatan dengan partai tersebut.

Ketua DPD PKS Kota Magelang, Bustanul Arifin, mengatakan, PKS sendiri telah menjalin komunikasi dengan partai lainnya, meski belum melakukan deklarasi yang secara formal. Koalisi rencananya terdiri dari empat partai politik di Kota Magelang yakni, PKS, Demokrat, Golkar dan PKB.

"Koalisi sudah ada komunikasi, tapi belum deklarasi kita. Kalau deklarasi, otomatis sudah secara formil. Koalisi nanti, PKS, Demokrat, Golkar dan PKB, rencananya," kata Bustanul.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved