Breaking News:

Wabah Virus Corona

Mengejutkan! Untuk Pertama Kalinya Seorang Pria di Hong Kong Terinfeksi Virus Corona Dua Kali

Para peneliti di Hong Kong mengidentifikasi kasus pertama reinfeksi (terinfeksi dua kali) COVID-19 di seluruh dunia pada Senin (24/8/2020).

Editor: Rina Eviana
Hector Retamal/AFP
Ilustrasi: Petugas kesehatan mengevakuasi seorang pria dari rumahnya menuju ke Rumah Sakit Wuhan, China pada Kamis (30/1/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM -Virus Corona penyebab COVID-19 memang penuh misteri. Banyak hal-hal di luar terori yang terpatahkan oleh virus satu ini.

Baru-baru ini Virus Corona mengejutkan para peneliti di Hong Kong. Bagaimana tidak, ditemukan seorang pria terinfeksi Virus Corona (COVID-19) dua kali.

Para peneliti di Hong Kong mengidentifikasi kasus pertama reinfeksi (terinfeksi dua kali) COVID-19 di seluruh dunia pada Senin (24/8/2020).

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

Ini menimbulkan pertanyaan besar tentang seberapa besar kekebalan tubuh yang dihasilkan dari COVID-19 dan apakah kekebalan itu diperoleh secara alami atau hanya bisa dengan vaksin.

"Studi kami membuktikan bahwa kekebalan terhadap infeksi Covid-19 tidak seumur hidup. Faktanya, infeksi ulang terjadi cukup cepat," kata Kelvin Kai-Wang To, seorang ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Hong Kong seperti dilansir AFP, Selasa (25/8/2020).

Hasil Penelitian Mengungkap Antibodi Virus Corona Ditemukan pada Air Susu Ibu

Kelvin yang juga sebagai penulis utama studi menegaskan, pasien Covid-19 tak boleh berasumsi jika sudah sembuh mereka tidak akan terinfeksi lagi.

Bahkan, orang yang telah terbebas dari virus corona SARS-CoV-2 harus mempraktikkan jarak sosial, memakai masker, dan tetap rajin mencuci tangan dengan sabun.

Orang yang sudah sembuh dari COVID-19 juga harus segera diuji lagi jika gejala yang dicurigai muncul.

Dalam laporan Kelvin dan tim, kasus COVID-19 bisa menginfeksi orang dua kali setelah seorang warga Hong Kong yang berusia 33 tahun mendapati hasil tes usap PCR-nya positif awal bulan ini.

Dia melakukan pemeriksaan wajib awal bulan di bandara Hong Kong dalam perjalan kembali dari Eropa. Hasi tes ini mengejutkan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved