Breaking News:

Pendidikan

Program Studi Teknik Elektro UMY Berhasil Raih Akreditasi “A”

Berdasarkan informasi dari SAPTO BAN PT, Program Studi TE UMY mendapatkan skor 363 sehingga layak mendapatkan “A”.

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Gaya Lufityanti
internet
UMY 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Program Studi Teknik Elektro (TE) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  (UMY) berhasil mendapatkan akreditasi “A” pada 2020.

Keputusan ini dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) BAN-PT No. 4562/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/ 2020, Selasa (11/8/2020).

SK tersebut berlaku mulai 11 Agustus 2020 sampai dengan 11 Agustus 2025.

Berdasarkan informasi dari Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN PT, Program Studi TE UMY mendapatkan skor 363 sehingga layak mendapatkan “A”.

Hal ini merupakan sebuah kenaikan yang signifikan karena di tahun sebelumnya mendapat skor 306 dengan akreditasi “B”.

UMY Persiapkan Kuliah Tatap Muka Bertahap, Direncanakan Mulai September 2020

Akreditasi ini juga menjadikan Program Studi TE UMY sebagai satu-satunya program studi Teknik Elektro yang terakreditasi A di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia.

Melalui keterangan tertulis kepada Tribunjogja.com, Ketua Program Studi TE UMY, Dr Ir Ramadoni Syahputra, ST, MT menjelaskan ada tiga komponen yang dinilai dalam akreditasi ini, yaitu borang akreditasi program studi (buku 3A), borang akreditasi fakultas (buku 3B), dan evaluasi diri program studi.

Dari ketiga komponen tersebut, bobot tertinggi adalah penilaian pada borang akreditasi program studi, yaitu sebesar 75 persen, sedangkan 25 persen lainnya dari penilaian borang akreditasi fakultas dan evaluasi diri program studi.

"Adapun komponen penilaian tersebut, ada 7 aspek yang dipertimbangkan yaitu visi, misi, tujuan, sasaran, serta strategi pencapaian; tata pamong dan kepemimpinan; sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; kemahasiswaan dan lulusan; sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik; pembiayaan, prasarana, sarana, dan sistem informasi; serta Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama," jelas Ramadoni, Kamis (13/8/2020).

Satu di antara kriteria penilaian yakni kemahasiswaan dan lulusan, yang artinya  mahasiswa dan dosen memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan akreditasi.

UMY Gelar Summer School 2020 Secara Daring

”Penilaian akreditasi program studi ini dilakukan secara komprehensif yang meliputi kegiatan dan prestasi tri dharma perguruan tinggi oleh dosen serta kegiatan dan prestasi mahasiswa selama 3 tahun terakhir. Dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni seluruhnya berperan aktif dalam menyukseskan akreditasi prodi ini. Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT yang didukung keinginan luhur civitas akademika prodi melalui kebersamaan dan kerja keras, akhirnya Teknik Elektro UMY meraih akreditasi A,” tutur Ramadoni.  

Ia menambahkan, setelah mendapat akreditasi A, Program Studi Teknik Elektro UMY berkomitmen untuk selalu memperbaiki diri guna meningkatkan kualitas prodi secara berkesinambungan. 

Sesuai dengan visi prodi TE UMY yakni meraih rekognisi internasional melalui akreditasi internasional.

“Capaian Akreditasi A ini bukanlah akhir, tetapi awal dari mimpi kami untuk berkiprah lebih luas lagi menghadapi tantangan global persaingan di dunia pendidikan tinggi khususnya bidang teknik elektro yang sangat kompetitif dan perkembangan sangat pesat. Semoga akreditasi ini menjadi barokah untuk UMY, Muhammadiyah, dan Indonesia. Semoga Program Studi Teknik Elektro memberikan manfaat seluas-luasnya bagi umat. Dan semoga Program Studi Teknik Elektro UMY dapat berkontribusi dan memberikan warna bagi Indonesia,” tutup Ramadoni. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved