Breaking News:

Advertorial

Gandeng Lintas Sektor, Badan POM Wujudkan Komitmen Pengembangan Usaha Jamu Indonesia

Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) berkomitmen untuk terus mengembangkan jamu di Indonesia. Setidaknya terdapat tiga aspek penting yang mendorong h

TRIBUNJOGJA.COM / Maruti A. Husna
Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyerahkan sertifikat keikutsertaan Bimtek serta paket bakul jamu gendong kepada perwakilan pelaku usaha jamu gendong di Kota Yogyakarta, Rabu (12/8/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) berkomitmen untuk terus mengembangkan jamu di Indonesia. Setidaknya terdapat tiga aspek penting yang mendorong hal tersebut.

Pertama, aspek budaya. Jamu merupakan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Kedua, aspek ekonomi di mana jamu termasuk jamu gendong merupakan salah satu bagian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi penggerak ekonomi Indonesia.

Ketiga adalah aspek sosial, di mana jamu gendong mendukung kemandirian perempuan dalam berusaha karena sebagian besar usaha jamu gendong dilakukan oleh kaum perempuan.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyebutkan proporsi terbesar pelaku usaha obat tradisional di Indonesia adalah UMKM (kurang lebih 90 persen).

Memerhatikan potensi dan peran strategis UMKM pada berbagai aspek, Badan POM melaksanakan Program Prioritas Nasional Pembinaan UMKM Obat Tradisional.

BBPOM Yogyakarta Raih Nilai Indeks Pelayanan Publik Sangat Baik

Melalui program pembinaan ini, peningkatan kapasitas pelaku UMKM obat tradisional untuk menerapkan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dilakukan secara bertahap.

Sebagai langkah nyata untuk mendorong UMKM obat tradisional agar dapat menghasilkan produk aman dan bermutu secara konsisten.

Pembinaan UMKM obat tradisional, termasuk UMKM jamu dan usaha jamu gendong, juga sangat sejalan dengan upaya pencegahan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

Khususnya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan pengembangan produk jamu Indonesia berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved