Breaking News:

Klaten Keren

Bupati Klaten Salurkan BLT DD Tahap III di 5 Desa di Kecamatan Bayat

Bupati Klaten, Sri Mulyani kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT DD) tahap III di 5 desa di Kecamatan Bayat, K

Humas Setdakab Klaten
Bupati Klaten, Sri Mulyani menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT DD) tahap III di 5 desa di Kecamatan Bayat, Klaten, Senin (10/8/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT DD) tahap III di 5 desa di Kecamatan Bayat, Klaten.

Penyaluran BLT DD itu dilaksanakan di 5 desa pada Senin (10/8/2020).

Adapun 5 desa yang mendapatkan penyaluran kali ini yakni, Desa Wiro, Jotangan, Bogem, Nengahan dan Desa Tegalrejo.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan, dengan bantuan BLT DD itu, sebagai bukti bahwa pemerintah hadir dan peduli kepada warga yang terdampak virus corona.

"Seharusnya dana BLT DD untuk membangun desa seperti jalan dan fasilitas lainnya, karena ada pandemi virus corona maka dana BLT DD dialihkan untuk membantu warga," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com.

Bupati Klaten Sri Mulyani Instruksikan Setiap Kecamatan Harus Miliki Rumah Isolasi Mandiri

Maka dari itu, kata Sri Mulyani, agar dana bantuan dari pemerintah digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur dan kebutuhan pokok lainnya.

Sehingga warga tercukupi kebutuhannya dan dapat hidup sehat sehingga tidak tertular virus corona maupun penyakit lainnya.

Setelah warga menerima bantuan, tegas Bupati Klaten Sri Mulyani, maka selanjutnya warga harus mentaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah seperti memakai masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak.

"Hal itu akan membuat penyebaran virus corona di Kabupaten Klaten bisa ditekan dan warga dapat menerapkan adaptasi kebiasaan baru," ujarnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kabag Humas Setda Klaten, Pandu Wirabangsa menjelaskan, jumlah Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Klaten sebanyak 456.894 KK.

Bupati Klaten Sri Mulyani Sidak ke Stadion Trikoyo dan Masjid Al Aqsha Klaten

Dari jumlah KK tersebut yang sudah menerima bansos sebanyak 357.176 KK atau sekitar 78,17% dan yang tidak menerima bansos rata-rata bekerja sebagai ASN, TNI, Polri, Perangkat Desa dan sebagai pensiunan maupun warga yang tergolong mampu secara ekonomi.

Dikatakan, di Desa Wiro warga yang menerima BST tahap I ada 164 KK, tahap II 132 KK, JPS Provinsi 223 KK, JPS Kabupaten Klaten tahap I 39 KK, tahap II 99 KK dan BLT DD tahap I, II dan tahap III ada 144 KK.

Desa Jotangan warga yang menerima BST tahap I ada 83 KK, tahap II menjadi 64 KK, JPS Provinsi Jateng 196 KK, JPS Kabupaten Klaten tahap I ada 11 KK, tahap II ada 42 KK, BLT DD tahap I dan tahap II sebanyak 96 KK dan BLT DD tahap III ada 94 KK.

Kemudian, kata Pandu Wirabangsa, Desa Bogem warga yang mendapat BST tahap I ada 146 KK, tahap II ada 132 KK, JPS Provinsi Jateng 126 KK, JPS Kabupaten tahap I ada 20 KK dan tahap II turun menjadi 9 KK, BLT DD tahap I, tahap II dan tahap III sebanyak 107 KK.

Untuk Desa Nengahan warga yang menerima BLT DD tahap I dan tahap II ada 41 KK dan tahap III sebanyak 74 KK dan untuk Desa Tegalrejo penyaluran BLT DD tahap I, tahap II dan tahap III berjalan lancar.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved