Kota Yogyakarta

Awal Agustus GL Zoo Buka Kembali, Batasi Hanya 200-500 Pengunjung

Namun demikian, rencana pembukaan masih dilakukan secara terbatas dan belum mengakomodir pengunjung rombongan dalam jumlah besar.

Istimewa
Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkominca) Kota Gede saat mengecek persiapan pembukaan kembali tempat wisata GL Zoo, kemarin. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gembira Loka (GL) Zoo berencana akan segera membuka tempat wisata tersebut dalam waktu dekat.

Namun demikian, rencana pembukaan masih dilakukan secara terbatas dan belum mengakomodir pengunjung rombongan dalam jumlah besar.

Direncanakan, kebun binatang di Yogyakarta ini baru akan beroperasi kembali mulai Senin 3 Agustus mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 guna mencegah penyebaran virus tersebut.

“Tahap awal kami belum menerima rombongan pengunjung yang datang dengan angkutan bus. Kalau rombongan keluarga berjumlah tujuh atau delapan orang saja masih boleh,” kata Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo, usai acara penyerahan hewan kurban kepada lima masjid di sekitar kebun binatang setempat, Rabu (29/7/2020).

Ratusan Karyawan GL Zoo Yogyakarta Jalani Rapid Test Jelang Kembali Buka Operasional

Penyerahan hewan kurban berupa lima ekor kambing diawali oleh Ketua Yayayasan GL Zoo Drs H. Yudhaningrat kepada takmir masjid Yasmin Kelurahan Rejosari, dilanjutkan oleh pengurus yayasan kebun binatang lainnya.

Sebelumnya juga dilaksanakan simulasi dalam rangka persiapan dibukanya kembali kebun binatang itu. Simulasi menghadirkan perangkat dan tokoh masyarakat Kotagede dan Umbulharjo. Tampak hadir di antaranya Camat Kotagede, Raywan Taufik dan Kapolsek Kotagede, Kompol Dwi Tavianto.

Dirut GL Zoo Tirtodiprojo pada kesempatan itu menjelaskan persyaratan saat berkunjung ke GL Zoo di masa pandemi Covid-19. Antara lain wajib mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh dan reservasi pembelian tiket.

“Jadi, pelbagai persyaratan harus dilalui oleh pengunjung sebelum memasuki pintu masuk,” tutur Joko.

Pada fase awal pembukaan nanti, jumlah pengunjung masih dibatasi hanya sekitar 200 sampai 500 orang saja. Hal ini agar para pengunjung dapat menerapkan protokol jaga jarak atau pembatasan fisik saat berada di lokasi GL Zoo.

"Kalau jumlah pengunjung masuk sudah mencukupi, kita stop dulu. Kita buka kembali bukan untuk meramaikan kunjungan. Tidak sekadar cari untung, tapi berupaya menghidupkan perekonomian masyarakat. Jadi di saat pandemi Covid-19 ini perlunya pembelajaran masyarakat, tentunya tanpa mengabaikan protokol kesehatan,’’ jelas dia.

Untuk tahap awal GL Zoo hanya membuka pintu masuk pengunjung di pintu barat melalui Jalan Veteran. Harga tiket masuk dibanderol Rp60 ribu, sudah termasuk fasilitas transportasi keliling dan kapal katamaran. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved