Ratusan Karyawan GL Zoo Yogyakarta Jalani Rapid Test Jelang Kembali Buka Operasional

Karyawan yang menjalani tes cepat ini nantinya bakal melayani pengunjung secara langsung sewaktu GL Zoo siap beroperasi kembali.

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Karyawan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta melaksanakan tes cepat (rapid rest) Covid-19 di kawasan kebun binatang tersebut pada akhir pekan lalu. Menjelang pembukaan di masa pandemi Covid-19, GL Zoo mempersiapkan SOP dan aturan teknis terkait kunjungan wisata di masa pandemi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ratusan karyawan Gembira Loka (GL) Zoo Yogyakarta menjalani tes cepat (rapid test) Covid-19 pada pekan lalu, menjelang pembukaan kawasan wisata itu di masa pandemi.

Sedikitnya 100 karyawan Gembira ikut serta dalam tes cepat yang dilaksanakan di kawasan kebun binatang tersebut.

Karyawan yang menjalani tes cepat ini nantinya bakal melayani pengunjung secara langsung sewaktu GL Zoo siap beroperasi kembali.

Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan menjelaskan, tes cepat itu merupakan bagian dari persiapan pihaknya untuk membuka kembali layanan wisata di masa pandemi setelah sekian bulan tutup.

“Yang menjalani tes cepat ini adalah karyawan yang nantinya bersinggungan langsung dengan pengunjung,” kata Yosi di sela-sela memimpin simulasi internal menghadapi dibukanya kembali kebun binatang tersebut.

GL Zoo Diharapkan Jadi Acuan Destinasi di Yogyakarta

Meski Sepi karena Pandemi Covid-19, GL Zoo Tetap Melatih Satwa

Simulasi internal menjelang buka menghadirkan karyawan yang selama ini dirumahkan yang juga sebagai bagian dari persiapan teknis jelang pembukaan.

Mereka disimulasikan sebagai pengunjung. Pelaksanaan simulasi disaksikan langsung oleh Dirut GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo.

Tes cepat dilaksanakan di ruang parkiran barat dan parkiran timur GL Zoo.

Karyawan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta melaksanakan tes cepat (rapid rest) Covid-19 di kawasan kebun binatang tersebut pada akhir pekan lalu. Menjelang pembukaan di masa pandemi Covid-19, GL Zoo mempersiapkan SOP dan aturan teknis terkait kunjungan wisata di masa pandemi.
Karyawan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta melaksanakan tes cepat (rapid rest) Covid-19 di kawasan kebun binatang tersebut pada akhir pekan lalu. Menjelang pembukaan di masa pandemi Covid-19, GL Zoo mempersiapkan SOP dan aturan teknis terkait kunjungan wisata di masa pandemi. (dok.istimewa)

Mereka yang diwajibkan rapid test sebelum kebun binatang itu dibuka adalah kasir penjual tiket, petugas portir, satpam, petugas pencatat suhu tubuh, karyawan wahana darat maupun wahana air.

"Pemeriksaan dilakukan langsung oleh petugas Puskesmas Umbulharjo I dan Puskesmas Kotagede II," tambah Yosi.

Kebun binatang terbesar di Jateng-DIY ini direncanakan akan kembali membuka layanan mulai akhir Juli nanti setelah karyawan benar-benar siap melaksanakan protokoler kesehatan.

GL Zoo Matangkan Konsep Normal Baru

Terdampak Corona, Gembira Loka Pastikan Tak Ada PHK untuk Karyawan

Karena itu manajemen GL Zoo masih akan melaksanakan simulasi internal dan mengevaluasi pelaksanaannya agar para karyawan terbiasa menjalankan tugas melayani pengunjung di era tatanan baru.

"Di fase pertama nanti pintu masuk pengunjung yang dibuka hanya pintu barat Jalan Veteran. Hal ini juga untuk meminimalisir dan melihat bagaimana antuasiasme pengunjung serta terus kita pantau perkembangannya di lapangan," pungkas dia. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved