Breaking News:

Hotline

Polda DIY Luncurkan Inovasi SIM Masuk Desa

Layanan ini merupakan program kepolisian untuk meminimalisir antrean di kantor Satpas guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dokumentasi Humas Polda DIY
Suasana peluncuran SIMMADE yang dihadiri langsung oleh Kapolda DIY, Irjen Pol Drs Asep Suhendar M.Si., para PJU dan juga penggagas inovasi SIMMADE yakni Direktur Lalu Lintas, Kombes Pol I Made Agus Prasatya S.IK., M.Hum, di Balai Desa Candibinangun, Sleman. Selasa (28/7/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebagai langkah memutus mata rantai pandemi Covid-19 di area pelayanan publik semisal Satpas SIM, Polda DIY meluncurkan inovasi terbaru lewat program SIM Masuk Desa atau SIMMADE.

Layanan ini merupakan program kepolisian untuk meminimalisir antrean di kantor Satpas guna mencegah penyebaran Covid-19.

Terlebih di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), layanan ini diharapkan mampu membuat masyarakat kembali beraktivitas dengan tetap terlindungi secara kesehatan dan keamanan. 

Peluncuran inovasi SIMMADE dihadiri langsung oleh Kapolda DIY, Irjen Pol Drs Asep Suhendar M.Si., para PJU dan juga penggagas inovasi SIMMADE yakni Direktur Lalu Lintas, Kombes Pol I Made Agus Prasatya S.IK., M.Hum, di Balai Desa Candibinangun, Sleman, Selasa (28/7/2020).

Ditlantas Polda DIY Kembali Lakukan Penjagaan di 3 Titik Perbatasan untuk Pengamanan Mudik Idul Adha

Dalam rilis yang diterima Tribunjogja.com, Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar mengapresiasi Ditlantas Polda DIY dan jajaran atas inovasi SIMMADE yang diluncurkan sebagai langkah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan di masa AKB.

"Saya apresiasi kepada Dirlantas beserta jajaran, yang sudah menggagas program SIMMADE ini, yang tentu saja dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya di masa pandemi Covid-19. Adanya SIMMADE, diharapkan masyarakat juga tetap produktif, beraktifitas dengan mengutamakan protokol kesehatan" kata Irjen Pol Asep Suhendar.

Ditempat terpisah Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya menegaskan, bahwa lewat pelayanan SIMMADE diharapkan  penerapan kaga jarak dapat dilakukan di area pelayanan publik.

Selain itu, program SIMMADE juga sebagai jawaban atas membludaknya masyarakat pemohon SIM A dan SIM C, pemohon baru ataupun yang ingin perpanjangan. 

"Dengan adanya SIMMADE atau SIM Masuk Desa ini, yang merupakan kontribusi Polri khususnya Ditlantas Polda DIY dalam memberikan kemudahan pelayanan publik juga. Selain itu SIMMADE juga mempercepat serta terjangkau dan mempermudah masyarakat di pedesaan tanpa harus berdesakan di Kantor Satpas pusat, sehingga lebih aman dan menghindari penyebaran virus," Kata Kombes Pol Made Agus.

Menjamur di Yogyakarta, Ditlantas Polda DIY Minta Pesepeda Tertib Lalu Lintas

SIMMADE secara garis besar merupakan program pelayanan SIM dengan fasilitas Bus Pelayanan SIM Keliling, dimana para Petugas akan berada di hampir seluruh zona wilayah atau Desa yang sudah ditentukan, seperti di wilayah Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul.

Ada empat zona yang akan diberlakukan program SIMMADE di seluruh desa di DIY. Desa yang belum mendapat tempat, diharapkan bisa mengurus keperluan SIM ke zona desa terdekat yang telah terintegrasi lewat layanan SIMMADE

Masyarakat bisa memanfaatkan layanan itu sesuai tempat yang ditentukan.

Uji teori dan prakteknya juga diberlakukan di tempat yang telah ditentukan oleh Polda dan aparat pemerintah desa. 

"Sementara untuk foto baru akan dilaksanakan di akhir pekan di satpas masing-masing. Satu Polres nanti akan kita siapkan empat zona dan desa-desa bisa mendekat sesuai dengan zona," pungkas Dirlantas. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved