Breaking News:

Sleman

Jelang Idul Adha, 634 Masjid dan 19 Musala di Sleman Dapat Surat Keterangan Bebas Covid-19 

Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kabupaten Sleman dapat dilaksanakan di rumah ibadah dengan ketentuan telah mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kabupaten Sleman dapat dilaksanakan di rumah ibadah dengan ketentuan telah mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19 dari Gugus Tugas di Kecamatan masing-masing.

"Untuk di Kabupaten Sleman rumah ibadah yang sudah mendapatkan surat keterangan dari gugus tugas di kecamatan lebih dari 634 masjid dan 19 musala. Namun untuk di Kecamatan Mlati belum mendapatkan surat keterangan," tutur Kasi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman, Jaenudin.

Secara kewilayahan sudah diatur melalui SE Bupati Sleman. Kemudian secara pelaksanaan sudah diatur oleh SE Kemenag Nomor 18 tahun 2020 dan SE Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan mengenai penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19.

"Baik salat dan penyembelihan hewan kurban sesuai SE Bupati Sleman mengenai penetapan zona di beberapa wilayah di Kabupaten Sleman seperti zona merah, zona orange, zona kuning dan zona hijau," ucapnya.

Cegah Penyebaran Covid-19 di Masa New Normal, Pangkalan TNI AL Yogyakarta Gelar Baksos Kesehatan

"Untuk wilayah zona merah disarankan penyembelihan melalui Rumah Potong Hewan (RPH)," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan menjelang Idul Adha sudah ada kesiapan untuk melaksanakan Salat Idul Adha secara protokol kesehatan.

Terlebih sudah adanya kelonggaran mengenai pelaksanaan ibadah di rumah ibadah.

Terkait penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan seperti pengecekan suhu tubuh, imbauan untuk membawa alat ibadah sendiri, pemberian jarak di dalam masjid dan pelaksanaan saat menjalankan ibadah.

"Kami sudah menyampaikan pesan kepada Imam atau Khotib agar dalam menyampaikan khotbahnya maupun pelaksanaan salatnya dikondisikan tidak terlalu lama," kata Jaenudin.

Kemenag Kabupaten Sleman juga mengimbau untuk anak-anak, lansia dan orang yang berpotensi sakit yang sangat rentan terkena penyakit lebih baik melaksanakan Salat Idul Adha di rumah.

Sementara untuk pelaksanaan salat di tanah lapang, ia mengatakan hingga saat ini juga belum mendapatkan laporan dari gugus tugas penanganan Covid-19.

Adapun rumah ibadah yang sudah mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19 dari Gugus tugas Kabupaten Sleman diantaranya Masjid Agung Wahidin Sudirohusodo, Masjid Qolbun Salim Baitul Khidmat, Masjid Sultoni Wotgaleh, Masjid Asy Syifa, Masjid RS Sardjito, Masjid Al-Mujahiddin UNY, Masjid Al Muttaqin, Masjid UIN Sunan Kalijaga, Masjid Pondok Sunan Arang, KGJ Sarimulyo dan Gereja Katolik Santa Lidwina. (TRIBUNJOGJA.COM) 

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved