Breaking News:

Pemkab Klaten Wajibkan Penyelenggaran Salat Iduladha Patuhi Protokol Kesehatan

Pemkab Klaten Wajibkan Penyelenggaran Salat Iduladha Patuhi Protokol Kesehatan

Penulis: Victor Mahrizal | Editor: Hari Susmayanti
freepik.com
Ilustrasi Sholat Ied 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemkab Klaten memperbolehkan warga menggelar salat Iduladha pada Jumat (31/7/2020). Meski demikian jamaah wajib menaati protokol pencegahan Covid-19.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Klaten nomor 439/2020 tentang Penyelenggaraan Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban 1441 H Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

"Penyelenggaraan salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan telah dikoordinasikan dengan Gugus Tugas," kata Kabag Kesra Setda Klaten, M. Mujab, Sabtu (25/7/2020).

Adapun beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan para jamaah dan panitia Iduladha, yakni menyiapkan petugas untuk mengawasi penerapan protokol, penyemprotan disinfektan di area masjid, membatasi jumlah pintu keluar/ masuk masjid, menyediakan fasilitas cuci tangan di setiap pintu, menyediakan alat ukur suhu dan lainnya. 

Bupati Klaten Perintahkan Percepat Stimulus Anggaran 

UPDATE Corona di Klaten : Satu Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Sedangkan untuk persyaratan penyembelihan hewan kurban di antaranya panitia yang menyembelih dengan pemotong daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan.

Selama di sekitaran lokasi pemotongan hewan kurban semua panitia juga wajib mengenakan masker.

Selain di masjid perkampungan, lanjut Mujab, dua masjid besar di Klaten yakni Masjid Raya dan Masjid Agung Al- Aqsha juga bakal menggelar Salat Iduladha. 

"Untuk Masjid Raya dan Masjid Agung pada Hari Raya kali ini akan dibuka. Tapi untuk takbir kelilingnya tidak ada, harapan kami takbir hanya di dalam masjid," imbuhnya. (Tribunjogja/Victor Mahrizal)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved