Breaking News:

Pendidikan

Dewan Pendidikan Sebut PJJ Butuh Pendampingan Orang Tua dan Pengorbanan Guru

Beberapa yang dialami misalnya sulitnya mendapat sinyal internet yang baik, ketidakmampuan membeli kuota, hingga siswa tidak memiliki gawai atau peran

TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Ilustrasi: Bangunan SD Negeri Wonolagi di Kalurahan Ngleri, Playen, Gunungkidul. Tampak sepi lantaran seluruh pelajarnya menerapkan Belajar Dari Rumah (BDR) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di DIY masih banyak siswa mengalami kendala.

Beberapa yang dialami misalnya sulitnya mendapat sinyal internet yang baik, ketidakmampuan membeli kuota, hingga siswa tidak memiliki gawai atau perangkat pribadi sebagai sarana pembelajaran daring.

Ketua Dewan Pendidikan DIY, Danisworo menganggap pandemi Covid-19 mengharuskan semua pihak seolah mendapat serangan mendadak yang membuat tidak siap.

Di sisi lain, kata dia, ini momentum yang bagus untuk kita menyiapkan diri menghadapi bencana sejenis lainnya di masa mendatang.

“Siapa tahu suatu saat ada hal sejenis, mungkin tidak bencana sosial, tapi juga bencana alam,” ujarnya saat dihubungi Tribunjogja.com, Kamis (23/7/2020).

Viral Medsos, Warkop Ini Sediakan Internet dan Teh Hangat Gratis untuk Siswa yang Belajar Daring

Oleh karena itu, lanjutnya, semua pihak harus bekerja keras untuk menangani bencana.

“Ini tergantung juga pada kemampuan atau status sosial dari seseorang. Mungkin kalau anaknya 3 atau 4 sulit juga menghadirkan gadget untuk semuanya. Saya pun belum bisa memikirkan solusi untuk ini,” tuturnya.

Ditanya terkait pelaksanaan PJJ yang lebih baik ke depannya, Danisworo mengungkapkan pemerintah perlu bertindak proaktif.

Semisal bekerja sama dengan stasiun TV lokal untuk menyajikan program-program pembelajaran sekolah.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved