Kota Magelang jadi Percontohan Kota yang Sukses Kendalikan Covid-19

Kota Magelang Jadi Percontohan Kota yang Sukses Kendalikan Covid-19 di Indonesia

Dok Pemkot Magelang
Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina berkesempatan menjadi pembicara dalam Lokakarya Komwil VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tentang Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19, Selasa (14/7/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina berkesempatan menjadi pembicara dalam Lokakarya Komwil VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tentang Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19.

Kegiatan berlangsung virtual di Command Center komplek kantor Walikota Magelang, Selasa (14/7/2020).

Windarti memaparkan materi di hadapan Ketua Apeksi Airin Rachmi Diany dan Dirjen Bangda Kementerian Dalam Negeri Hari Nur Cahya Murni, serta 36 perwakilan kota-kota komwil VI meliputi Ambon, Gorontalo, Tidore, Pare-pare, Ternate, Palu, Bau-bau dan lainnya.

Kota Magelang terpilih sebagai narasumber karena kota ini dianggap berhasil dalam pengendalian penyebaran virus corona (Covid-19).

Pada kesempatan itu, Windarti memaparkan secara umum kondisi Kota Magelang dan upaya menghadapi pandemi Covid-19. Data terkini per 13 Juni 2020, sudah tidak ada lagi kasus positif Covid-19 di wilayah ini.

Secara kumulatif jumlah kasus positif sebanyak 33 kasus, 29 orang di antaranya sembuh dan 4 orang meninggal.

Kemudian jumlah PDP 66 orang, meliputi 57 sembuh dan 8 meninggal. Bahkan data per 26 Juni 2020, angka reproduksi efektif (Rt) Kota Magelang tercatat 0,14, yang berarti peluang penularan ke orang lain sudah rendah.

Menurutnya, kondisi tersebut menunjukkan bahwa perkembangan kasus Covid-19 di Kota Magelang cenderung ke arah yang baik. Angka kesembuhan baik pasien positif, PDP maupun ODP meningkat signifikan.

"Meskipun demikian, kami tetap menganggap bahwa Covid-19 masih menjadi ancaman, sehingga tindakan kewaspadaan tetap dijalankan agar tidak terjadi gelombang kedua Covid-19," kata Windarti.

Pemkot Magelang Siapkan Aturan Soal Penerapan New Normal

Pihaknya menyadari penanganan Covid-19 tidak menyangkut aspek kesehatan saja, tapi aspek lainnya yakni aspek pencegahan, sosial, pemulihan ekonomi dan inovasi.

Halaman
12
Editor: Hari Susmayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved