Virus Flu dengan Potensi Pandemi Ditemukan di China

Dunia belum pulih dari wabah virus corona, namun jenis flu baru yang berpotensi menjadi pandemi telah diidentifikasi di China oleh para ilmuwan.

Ilustrasi babi 

TRIBUNJOGJA.COM - Dunia belum pulih dari wabah virus corona, namun jenis flu baru yang berpotensi menjadi pandemi telah diidentifikasi di China oleh para ilmuwan.

Menurut ilmuwan dikutip BBC, virus itu muncul baru-baru ini dan dibawa oleh babi, tetapi dapat menginfeksi manusia.

Para peneliti khawatir bahwa itu dapat bermutasi lebih lanjut, sehingga dapat menyebar dengan mudah dari orang ke orang, dan memicu wabah global.

Meskipun ini bukan masalah langsung, kata mereka, ia memiliki semua ciri yang sangat disesuaikan untuk menginfeksi manusia dan membutuhkan pemantauan ketat.

Karena ini baru, orang bisa memiliki sedikit atau tanpa kekebalan terhadap virus.

Info Beasiswa S2 di Brunei Darussalam: Kuliah Gratis dan Ada Tunjangan Rp5 Juta Tiap Bulan

Para ilmuwan menulis dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences yang mengukur untuk mengendalikan virus pada babi, dan pemantauan ketat terhadap pekerja industri babi, harus segera diimplementasikan.

Ancaman pandemi

Jenis influenza baru yang bahaya adalah satu dari ancaman penyakit teratas yang jadi perhatian para ahli, bahkan ketika dunia berusaha untuk mengakhiri pandemi coronavirus saat ini.

Pandemik flu terakhir yang dihadapi dunia, wabah flu babi tahun 2009 yang dimulai di Meksiko, tidak begitu mematikan daripada yang ditakutkan pada awalnya.

Ilustrasi babi
Ilustrasi babi (Tribun Bali)

Sebagian besar karena banyak orang yang lebih tua memiliki kekebalan terhadapnya, mungkin karena kemiripannya dengan virus flu lain yang telah beredar selama bertahun-tahun sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Joko Widiyarso
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved