Jika Tol Solo-Yogyakarta-Bawen Selesai Dilanjut Jalur Yogyakarta-Cilacap

setelah proses pembebasan lahan proyek tolSolo-Yogyakarta-Bawen usai, pihaknya langsung bergeser untuk pembangunan tol lintas Selatan.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
kppip.go.id
ILUSTRASI Jalan Tol 

Tribunjogja.com Yogyakarta -- Tahapan pembangunan jalan tol Yogyakarta-Cilacap baru masih dalam pembahasan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Budi Wibowo menyampaikan, tahapan pembangunan tol Yogyakarta-Cilacap baru dalam proses kajian penentuan jalur.

Ia mengatakan, setelah proses pembebasan lahan proyek tolSolo-Yogyakarta-Bawen usai, pihaknya langsung bergeser untuk pembangunan tol lintas Selatan.

"Sudah mulai masuk kajian. Begitu administrasi tol Solo-Yogyakarta-Bawen selesai, langsung lanjut untuk jalur Yogyakarta-Cilacap," katanya kepada Tribunjogja.com, Senin (22/6/2020).

Ia menambahkan, pihaknya baru berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY terkait kesiapan pembangunan.

Namun, untuk secara teknis dan pembiayaan termasuk ke dalam proyek pemerintah pusat dalam hal ini termasuk Kementerian PUPR.

"Mulai pembahasan mengenai tahapan kajian dan koordinasi antar lintas sektor," imbuhnya.

Pembangunan tersebut ditargetkan akan dimulai pengerjaannya pada 2022 mendatang.

Terpisah, Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Hananto Hadi Purnomo menambahkan, panjang untuk trase Yogyakarta yang nantinya dilintasi sepanjang 38,45 Kilometer.

Rencananya sekitar 16 Desa di Kabupaten Kulon Progo kemungkinan akan terdampak oleh pembangunan tol tersebut.

"Panjangnya sekitar 38,45 Kilometer. Itu yang khusus usulan Pemda DIY. Karena sisanya kan masuk ke Pemda Jawa Tengah (Jateng)," katanya.

Rencananya akan ada tiga exit tol di Kabupaten Kulon Progo yakni di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Sentolo, di Ibu kota Wates Baru, lalu di area Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

"Namun khusus di YIA apakah akan di letakkan di Barat atau utara Bandara masih belum jelas," tegasnya..

Saat disinggung mengenai anggaran yang dibutuhkan dalam pengerjaan tersebut, pihaknya mengaku belum mendapat informasi lebih jelas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved