Breaking News:

UGM Yogyakarta Akan Pantau dan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Mahasiswa Baru

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di areal kampus UGM

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Muhammad Fatoni
dok.humas UGM
Gedung rektorat UGM 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon mahasiswa baru, baik dari program Diploma IV (D IV)terapan, sarjana dan pascasarjana.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, meski setiap mahasiswa baru sudah diminta membawa hasil rapid test masing-masing dari daerah asal.

“Para mahasiswa membawa hasil rapid test dari daerah asal tetapi sampai di Jogja diperiksa lagi di GMC sekaligus pendataan dan pemeriksaan terkait Covid-19. Jika yang berasal dari zona merah atau ada indikasi medis, kami arahkan untuk isolasi mandiri di asrama mahasiswa,” ujar dokter klinik Gadjah Mada Medical Center (GMC) UGM, dr Yuanita, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/6/2020).

Kronologi Seorang Tenaga Kesehatan di RSA UGM Terpapar Covid-19, Riwayat Penularan Belum Diketahui

Rektor UGM : Mahasiswa yang Datang dari Luar DIY Harus Bawa Surat Keterangan Sehat

 

Yuanita menyebutkan bagi mahasiswa baru UGM yang tidak memiliki indikasi terkena covid, mereka tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di kos masing-masing dan akan dipantau dari satgas covid UGM.

“Mereka yang tidak ada indikasi dapat melakukan isolasi mandiri di kos masing-masing. Dari GMC dibantu relawan dari satgas akan melakukan pemantauan selama 14 hari,” katanya.

Isolasi mandiri ini sebagai salah satu standar protokol pencegahan Covid-19 sekaligus mengikuti arahan Bupati Sleman, Sri Purnomo, yang meminta agar mendata dan memeriksa kesehatan mahasiswa baru yang kos di sekitar kampus.  

PENUTUPAN PPSMB UGM. Sebanyak 8.408 mahasiswa baru membuat formasi bertajuk Integritas UGM Mebuatkan Integrasi Nasional dengan lambang burung Garuda berada ditengah formasi saat acara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di lapangan Pancasila, kampus UGM, Sleman DI Yogyakarta, Jumat (9/8/2019). Dalam kesempatan tersbeut KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan orasi untuk memotivasi para mahasiswa baru.
PENUTUPAN PPSMB UGM. Sebanyak 8.408 mahasiswa baru membuat formasi bertajuk Integritas UGM Mebuatkan Integrasi Nasional dengan lambang burung Garuda berada ditengah formasi saat acara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di lapangan Pancasila, kampus UGM, Sleman< DI Yogyakarta, Jumat (9/8/2019). Dalam kesempatan tersbeut KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan orasi untuk memotivasi para mahasiswa baru. (TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri)

Idealnya seluruh mahasiswa baru akan dilakukan pemeriksaan covid lewat rapid test atau swab, namun begitu tidak semua akan langsung dilakukan rapid test ketika datang.

“Kita hanya melakukan rapid test di GMC untuk beberapa mahasiswa kurang mampu seperti penerima beasiswa bidikmisi dan mahasiswa dengan UKT 1 dan 2,” katanya.

Menurutnya, petugas medis GMC hanya melakukan pemeriksaan secara klinis dan pemantauan selama 14 hari.

Tim PkM DBSMB SV-UGM Luncurkan Laman Hotline Covid-19

UGM Rancang Skenario KBM Tahun Ajaran Baru

Namun, ketika memeriksa menemukan ada gejala klinis atau tanda-tanda yang mengarah ke covid, pihaknya akan memberikan pengobatan dan merujuk jika memang diperlukan.

“Uji swab baru akan dilakukan jika hasil rapid test reaktif. Mekanismenya terjadwal setiap hari dengan kuota 200 peserta dengan 4 dokter,” jelasnya.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan untuk cegah covid bagi calon mahasiswa baru, pihak GMC juga melakukan kegiatan rutin rapid test bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan melakukan penelitian di laboratorium.

“Sementara untuk saat ini yang wajib rapid test di GMC adalah mahasiswa yang akan melakukan penelitian atau tugas akhir di laboratorium,” tutur dia. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved