Gunungkidul

PPDB SMP di Gunungkidul Dimulai 29 Juni, Sekolah Siapkan Protokol COVID-19

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) saat ini telah menyiapkan jadwal dan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah neg

internet
ilustrasi PPDB 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) saat ini telah menyiapkan jadwal dan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah negeri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, proses PPDB dilakukan secara online.

Kabid SMP Disdikpora Gunungkidul Kisworo menyampaikan pendaftaran PPDB jenjang SMP akan dimulai pada 29 Juni hingga 1 Juni 2020.

"Proses seleksinya dilakukan pada 1 Juli dan hasilnya diumumkan pada 2 Juli. Kemudian para calon pelajar akan melakukan proses pendaftaran ulang pada 3 Juli," jelas Kisworo dihubungi pada Selasa (02/06/2020).

Kabar Baik, Seminggu Nol Kasus Baru Covid-19 di Gunungkidul, Pasien Sembuh Bertambah 2 Orang

Adapun proses seleksi akan didasarkan pada 4 jalur, yaitu Zonasi (radius terdekat dengan sekolah), Afirmasi (prioritas calon pelajar dari keluarga tidak mampu), perpindahan tugas orang tua atau wali, serta jalur Prestasi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pula, kuota calon pelajar dari jalur Zonasi mendominasi dengan 50 persen dari daya tampung. Selanjutnya disusul Prestasi dengan kuota 30 persen, Afirmasi 15 persen, dan jalur perpindahan tugas orang tua sebanyak 5 persen.

"Pendaftaran nantinya bisa melalui situs http://ppdb.pendidikan.gunungkidulkab.go.id mulai 29 Juni nanti," kata Kisworo.

Nantinya dalam situs tersebut juga disampaikan secara rinci berkas persyaratan yang harus dilengkapi.

Setidaknya ada 9 jenis dokumen yang harus diunggah secara online sesuai persyaratan.

Halaman
12
Penulis: Alexander Aprita
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved