Idul Fitri 2020

6 Amalan Sunah yang Dilakukan Sebelum Salat Idul Fitri

Sebelum melaksanakan salat Idul Fitri di pagi hari, ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan. Mulai dari mandi, makan sebelum salat, dan lainnya

via Birmingham Mail
6 Amalan Sunnah yang Dilakukan Sebelum Shalat Idul Fitri 

TRIBUNJOGJA.COM - Idul Fitri merupakan hari istimewa untuk umat Islam. Sebelum melaksanakan salat Idul Fitri di pagi hari, ada amalan sunnah yang bisa dilakukan.

Amalan sunah antara lain mandi, memotong kuku, sampai mengambil rute pulang pergi berbeda setelah salat. 

Salah Idul Fitri merupakan salat sunah, yang dilakukan setelah terbit matahari sampai waktu zuhur tiba.

Pada Hari Raya Idul Fitri, setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, sedang di kediaman maupun sedang bepergian (musafir) disunahkan untuk Salat Idul Fitri.

Ilustrasi Sholat Ied
Ilustrasi Sholat Ied (freepik.com)

Nabi Muhammad S.A.W, mencontohkan beberapa amalan sunnah menyambut Idul Fitri. Amalan sunnah ini dilakukan sebelum pelaksanaan salat sampai setelah salat Idul Fitri.

Berikut 6 amalan sunah yang dilakukan sebelum sholat Idul Fitri dari Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020, mengutip dari Tribun Kaltim.

1. Mandi dan memotong kuku

Sebelum berangkat salat Idul Fitri, disunnahkan untuk membersihkan diri dari kotoran dan najis. Sebelum Idul Fitri tiba, setelah mandi dianjurkan untuk memotong kuku tangan dan kaki.

Mandi dilakukan supaya badan benar-benar bersih, dari hadas kecil maupun besar.

Mandi sebelum salat Idul Fitri juga disunnahkan. Pada hari itu adalah tempat berkumpulnya manusia untuk salat. Selain itu berwudhu saja tetap sah untuk pelaksanaan salat Idul Fitri.

Halaman
123
Penulis: Dwi Latifatul Fajri
Editor: Rina Eviana
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved