Wabah Virus Corona

Kabar Baik, Ilmuwan China Klaim Menemukan Obat Virus Corona Tanpa Vaksin

Sebuah laboratorium China dikabarkan tengah mengembangkan obat yang diyakini memiliki kekuatan untuk menghentikan pandemi COVID-19

Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM -Virus Corona jenis baru penyebab COVID-19 kini masih menjadi pandemi global. Hingga saat ini obat dan vaksin Virus Corona belum ditemukan.

Para peneliti sampai hari ini masih berpacu dengan waktu menemukan obat dan vaksin COVID-19.

Di tengah situasi ini, kabar terkini menyebut sebuah laboratorium China dikabarkan tengah mengembangkan obat yang diyakini memiliki kekuatan untuk menghentikan pandemi COVID-19.

Ilustrasi
Ilustrasi (Kompas.com)

Wabah Virus Corona memang pertama kali muncul di China, pada akhir tahun lalu, sebelum menyebar ke seluruh dunia.

Kondisi yang mendatangkan bencana besar bagi bumi tersebut telah mendorong banyak negara seperti berlomba untuk segera menemukan obat atau pun vaksin untuk mengatasinya.

Kini, sebuah obat yang diuji di Universitas Peking, dikabarkan tidak hanya dapat mempersingkat waktu pemulihan bagi yang terinfeksi, tetapi  juga menawarkan kekebalan jangka pendek.

Sunney Xie, Direktur Advanced Innovation Center for Genomics Beijing, mengatakan kepada Kantor Berita AFP, obat yang dia ceritakan tersebut sudah berhasil dalam tahap pengujian terhadap hewan.

“Ketika kami menyuntikkan antibodi penawar ke tikus yang terinfeksi, setelah lima hari viral load berkurang dengan faktor 2.500,” kata Xie.

Presiden Jokowi Ingin Indonesia Bisa Hasilkan Vaksin Virus Corona Sendiri

"Itu berarti obat ini potensial memiliki efek terapi," kata dia.

Obat tersebut dibuat dengan menggunakan netralisasi antibodi -- diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia untuk mencegah sel-sel terinfeksi virus -- yang diisolasi oleh tim Xie dari darah 60 pasien yang pulih.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved