Update Corona di DI Yogyakarta

Pemdes Bangunharjo Distribusikan Sembako untuk Keluarga Terdampak Corona

Pemdes Bangunharjo berinisiatif menggelontorkan bantuan untuk sejumlah warga yang tak tersentuh bantuan dari pemerintah.

istimewa
Penyerahan bantuan untuk warga Desa Bangunharjo yang belum tersentuh program pemerintah, Selasa (19/5/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) di Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, mengalami nasib kurang menyenangkan di tengah wabah Covid-19 yang tidak kunjung berakhir ini.

Bagaimana tidak, sebagian besar warga tersebut, harus kehilangan mata pencaharian, maupun korban pemutusan hubungan kerja yang semakin marak belakangan.

Sialnya, mereka tak tersentuh bantuan pemerintah.

Lurah Desa Bangunharjo, Yuni Ardi Wibowo mengatakan, sampai sejauh ini, deretan warganya, sama sekali belum tercover program-program seperti BLT Dana Desa, atau Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI.

Pemkab Bantul Siap Kucurkan BLT APBD untuk 9.980 Kepala Keluarga

Pihaknya tak bisa berbuat banyak, karena daftar penerima, atau Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS), berasal dari pusat, yang disebut-sebut banyak memunculkan kasus tidak tepat sasaran, di beberapa desa di Bantul.

"Fakta di lapangan, mereka itu kepala keluarga yang harus kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19, namun tak tersentuh bantuan dari pemerintah," katanya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Desa Bangunharjo berinisiatif menggelontorkan bantuan untuk sejumlah warga tersebut, Selasa (19/5/2020).

Kabar Baik, Pasien Positif COVID-19 yang Sembuh di Bantul Bertambah, Total 17 Orang

Bantuan itu, berwujud sembako dan uang tunai Rp 50 ribu, untuk menyambung hidup.

"Harapan kami 50 kepala keluarga ini bisa sedikit terbantu di tengah pandemi, karena kenyataannya mereka sangat layak menerima bantuan, tetapi namanya tidak masuk dalam daftar," tuturnya.

Yuni pun berharap, warganya ini bisa mendapat bantuan langsung tunai dari APBD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, yang memang diperuntukkan bagi masyarakat yang belum tercover program pemerintah. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved