Masjid Masyfa Simpang Lima Karangnongko Wates Peduli Wabah Covid-19 Lewat Bagi-bagi Bantuan

Masjid Masyfa Simpang Lima Karangnongko Wates melaksanakan program bantuan sosial kemanusiaan atau berbagi.

Istimewa
Masjid Masyfa Simpang Lima Karangnongko Wates melaksanakan program bantuan sosial kemanusiaan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Meski kegiatan ibadah ritual di masjid selama pandemi Covid-19 dikurangi atau bahkan ditiadakan, namun masjid sebagai pusat ibadah sosial tetap beraktivitas dan berpartisipasi dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Masjid Masyfa Simpang Lima Karangnongko Wates melaksanakan program bantuan sosial kemanusiaan atau berbagi guna mendukung upaya pencegahan dan penanganan dampak pandemi Covid-19 pada hari Sabtu,  23 Ramadhan 1441 H bertepatan dengan 16 Mei 2020.

Bantuan 80 paket dengan nilai Rp200 ribu per paket ini dilaksanakan melalui gerakan kepedulian sosial untuk keluarga sekitar masjid Masyfa yang terdampak pandemik Covid-19. 

Gerakan kepedulian sosial ini digiatkan oleh Kelompok Pengajian Ibu-Ibu Masjid Masyfa dengan koordinator Ny Giyati, Gerakan Shadaqah Jumat Siang yang dikomandani dr. Moerlani Dahlan, dan dilaksanakan oleh Remaja Masjid Masyfa dengan dimotori Wildan. Wujud bantuan adalah berupa sembako.

Sistem berbagi dilakukan dengan mengunjungi keluarga terdampak dari rumah ke rumah. Ini dilakukan untuk menghindari berkumpulnya masa dalam jumlah banyak, dan sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah dalam menanggulangi pendemi Covid-19.

Di samping itu, cara berbagi dengan mengunjungi keluarga di rumah-rumah adalah cara yang dituntunkan dalam ajaran Islam. Manfaat dan pembelajaran yang diperoleh adalah antara lain dapat silaturahmi ke tetangga, melihat kondisi keseharian (tilik/ngaruhke tonggo), menjalin komunikasi kesetaraan, menambah banyak teman dan relasi, dan menumbuhkan jiwa persatuan dan semangat tolong menolong.

Memang cara demikian lebih lama dan membutuhkan tenaga yang lebih, karena itu pelaksanaan diserahkan kepada remaja Masjid, agar remaja masjid mendapatkan pembelajaran dan pendidikan di samping tentu saja mendapatkan amal ibadah yang akan diganjar oleh Allah SWT.

Takmir pun berharap bantuan ini mampu meringankan beban terkait terdampak pandemi Covid-19. (rls)

Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved