Kulon Progo

BAZNAS Kulon Progo Salurkan Santunan Untuk Tukang Becak

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kulon Progo salurkan santunan untuk 150 Pengayuh Becak, berupa uang tunai senilai Rp200 ribu.

TRIBUNJOGJA.COM / Andreas Desca Budi Gunawan
Penyaluran santunan kepada pengayuh becak di Kulon Progo 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kulon Progo salurkan santunan untuk 150 Pengayuh Becak, berupa uang tunai senilai Rp200 ribu.

Penyerahan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kulon Progo, Sutedjo, didampingi Ketua BAZNAS Kulon Progo Abdul Madjid di depan Rumah Dinas Bupati Kulon Progo, Jumat (15/5/2020).

Para pengayuh becak tersebut diketahui berasal dari sekitar pasar wates, maupun stasiun Wates yang aktif bekerja sebagai Tukang Becak.

Adapun pembagian santunan tersebut merupakan realisasi dari hasil Zakat, Infak, Sodaqoh (ZIS) yang dikumpulkan oleh BAZNAS Kulon Progo.

BAZNAS Kota Yogyakarta Bersama PT. CPI Berikan Bantuan Telur Ayam Bagi Pasukan Kuning

Dana tersebut berasal dari 2,5 persen penyisihan gaji para Aparartur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kulon Progo maupun dari masyarakat umum melalui BAZNAS.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo dalam sambutanya mengatakan BAZNAS dan Pemkab Kulon Progo secara rutin memberi infaq maupun shodaqoh yang berasal dari 2,5 persen penyisihan gaji para ASN di lingkungan Pemkab Kulon Progo, yang disalurkan melalui BAZNAS untuk dibagi kepada ratusan tukang becak maupun duafa, di akhir bulan suci Ramadan.

Walaupun ditengah pandemi wabah Covid-19 dia berharap para pengayuh becak untuk tetap mentaati ajuran pemerintah serta rajin membersihkan diri dan lingkungan.

“Momentum ini juga sebagai sosialisasi untuk lebih mengoptimalkan peran serta masyarakat termasuk pengayuh becak untuk mendukung kebijakan pemerintah dengan mentaati protokol kesehatan, sesuai perintah dari Gubernur DIY, bahwa hari ini bertepatan dengan gerakan wajib pakai masker, berharap santunan yang diberikan dapat memberikan manfaat ditengah wabah ini,” jelasnya.

BAZNAS Kota Yogyakarta Terima Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19 dari Yayasan AR Baswedan

Sementara itu, Kepala Baznas Kulon Progo, Abdul Madjid mengatakan, perolehan ZIS setiap tahunnya, nilainya terus tumbuh.

Halaman
12
Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved